Wednesday, February 18, 2015

Cara Mengetahui Kemampuan Komputer & Laptop

Cara Mengetahui Kemampuan Komputer & Laptop

CRONOSAL-Di masa seperti sekarang ini, komputer canggih menjadi idaman bagi sebagian orang. Apalagi dengan kemampuan yang sangat cepat. Baik komputer maupun laptop telah didesain sesuai kebutuhannya. Sebagian khusus untuk gaming, pekerja kantor, aktivitas di internet, edit grafis, mix audio, dan lain-lain. Tetapi komputer dengan spesifikasi gaming adalah pilihan yang paling banyak diminati. Meski namanya gaming, tak jarang orang menggunakannya sebagai edit grafis dan keperluan lain karena performanya yang sangat cepat ketimbang komputer biasa.

Dalam versi yang lebih sederhana, kemampuan komputer dapat dilihat dari spesifikasinya (Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer tanpa Software). Tetapi seperti kata pepatah: "Lain ladang, lain belalang". Meskipun spesifikasinya sama, tetapi kemampuan masing-masing komputer bisa berbeda. Ini tergantung dari kondisi hardware, jenis, dan yang terpenting adalah harganya. Jika sobat ingin mengetahui seberapa hebat kemampuan komputer atau laptop yang sobat miliki, berikut akan saya berikan tutorial lengkapnya.


Cara Mengetahui Kemampuan Komputer & Laptop



1. Download aplikasi NovaBench. Tersedia secara gratis untuk Windows dan Mac, ukurannya pun sangat kecil


2. Install NovaBench kemudian jalankan


3. Jika sudah dibuka, tutup semua program yang tidak sobat perlukan saat melakukan benchmarking agar NovaBench dapat melakukan tes secara maksimal. Selanjutnya klik Start Benchmark Tests

Cara Mengetahui Kemampuan Komputer & Laptop

4. Tunggu beberapa saat selama proses benchmarking, jangan lakukan aktivitas di komputer. Serangkaian tes mencakup performa CPU, RAM, HDD, VGA, dan GPU


5. Jika sobat sudah selesai, seperti ini hasilnya

Cara Mengetahui Kemampuan Komputer & Laptop


Dari gambar diatas, diketahui komputer yang saya miliki memiliki nilai 441. Apa itu termasuk besar atau kecil? Ukuran NovaBench adalah antara 0 - 1000. Jika sobat memiliki spesifikasi diatas 300 maka itu termasuk rata-rata, dan diatas 800 adalah komputer dengan kemampuan tinggi.


Bisa terjadi kemungkinan perubahan nilai ketika melakukan pengujian yang kedua kalinya, ini tergantung kondisi hardware. Apabila ternyata komputer sobat termasuk dalam kualitas bawah, ada baiknya untuk melakukan upgrade beberapa komponen komputer agar kinerjanya semakin cepat (Cara Mengetahui Suhu CPU Laptop dan Komputer).


Berlangganan Artikel Via Email



Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming