5 Tips Membeli Komputer Rakitan

5 Tips Membeli Komputer Rakitan

CRONOSAL-Saat ini komputer rakitan menjadi tren paling diminati bagi para pembeli komputer (PC). Wajar saja, sebab komputer rakitan memiliki keleluasaan kepada calon pembeli untuk memilih spesifikasi yang diinginkan. Bahkan jika dikalkulasi, komputer rakitan bisa lebih murah dibanding komputer pabrik (built up) meski dengan kualitas yang sama. Bahkan kualitas komputer gaming mudah dicapai oleh komputer rakitan.

Kelebihan lain komputer rakitan adalah kompatibel untuk melakukan upgrade. Kualitasnya pun sudah teruji oleh berbagai vendor hardware terkemuka. Akan tetapi, komputer rakitan cukup merepotkan bagi orang awam (belum paham komponen komputer). Hal ini dikarenakan banyaknya macam dan jenis hardware yang tersedia di toko. Jika asal pilih, komputer rakitan yang dibeli justru kurang baik kualitasnya. Dan memaksa kita untuk mengupgrade komponen baru lagi.

Meski pun begitu, memahami komputer rakitan tidak susah-susah amat kok sob! Biasanya para penjaja komputer rakitan akan memandu sobat memilih setiap hardware. Tetapi akan lebih baik jika sobat juga memahami dan tahu persis detail dari setiap komponen yang diinginkan. Berikut ada 5 tips untuk membeli komputer rakitan.


5 Tips Membeli Komputer Rakitan



1. Fungsi komputer mau untuk apa?

5 Tips Membeli Komputer Rakitan

Jika komputer hanya ditujukan untuk pekerjaan-pekerjaan kantor (office) maka tidak perlu spesifikasi dan harga yang tinggi untuk mendapatkan sebuah komputer rakitan. Sedangkan jika ditujukan untuk keperluan multimedia hingga gaming, maka sebaiknya memilih spesifikasi yang tinggi. Tentunya dengan harga yang tinggi pula.


2. Berapa budget yang dimiliki?

5 Tips Membeli Komputer Rakitan

Masalah biaya sudah pasti menjadi problem utama. Apakah harga komputer rakitan harus tinggi? Tidak! Pengalaman teman saya membeli sebuah komputer rakitan (CPU ~ Dual-Core, Monitor, Keyboard, Mouse, DVD Room) dengan harga 1.8 juta Rupiah. Jangan takut kualitasnya buruk karena harga murah. Ini bukan bicara kualitas, tetapi harga. Meski terbilang rendah, komputer rakitan bisa diupgrade. Artinya jika kurang puas dengan performa saat ini, bisa kita tingkatkan lagi dengan membeli atau menambah komponen.


3. Akan membeli komputer dimana?

5 Tips Membeli Komputer Rakitan

Dalam hal ini, sobat sebaiknya meminta review dari teman-teman yang pernah membeli komputer rakitan. Tidak semua toko komputer bereputasi baik, tetapi masih ada juga yang bereputasi baik dan memuaskan. Coba tanyakan ke beberapa orang tentang dimana mereka membeli komputernya. Saya punya rekomendasi grup Facebook Dunia Komputer dan Show of Your Own Rigs untuk bertanya-tanya mengenai komputer.


4. Spesifikasi

5 Tips Membeli Komputer Rakitan

Inilah bagian yang paling sensitif, yaitu spesifikasi komponen komputer. Merk dan kualitas juga berpengaruh pada performa komputer nantinya. Berikut ini adalah standar yang saya buat untuk sebuah komputer rakitan (kualitas menengah).
  • Processor: Dual-Core / Quad-Core tergantung keperluan, untuk gaming sebaiknya i3 keatas.
  • RAM: Minimal 2 GB, akan lebih baik menggunakan yang lebih tinggi lagi
  • Motherboard: Pastikan kompatibel untuk menempatkan setiap komponen dan upgrade.
  • VGA: Jika untuk keperluan office, onboard (tertanam di Motherboard) sudah cukup baik.
  • HDD: 250 GB, jika untuk menyimpan file besar sebaiknya pakai 500 GB atau 1 TB.
  • Power Supply: Bisa bawaan casing atau pilih part terpisah dengan daya yang lebih besar.
  • Monitor, Keyboard, Mouse, DVD Room: Sesuai standar
Lebih lanjut, konsultasikan lagi kepada orang yang lebih berpengalaman. Perlu diperhatikan bahwa setiap komponen harus seimbang. Contohnya jika menggunakan Processor i7, sebaiknya menggunakan RAM 8 GB. Daya yang dimiliki Power Supply juga harus cukup dengan tegangan masing-masing komponen.


5. Lainnya...

5 Tips Membeli Komputer Rakitan

Komputer rakitan akan berumur panjang apabila memiliki perawatan yang maksimal, tetapi itu semua bergantung pada lamanya komputer digunakan, ketahanan komponen, dan kondisi luar komputer. Untuk melakukan upgrade, sebaiknya pastikan bahwa Power Supply masih mampu memberi daya untuk komponen baru. Kualitas berhubungan dengan harga, semakin mahal harganya maka kualitasnya semakin baik begitu juga sebaliknya. Garansi untuk komputer rakitan adalah minimal 1 tahun, jika kurang dari itu maka sobat wajib mempertanyakan barang tersebut. Merakit komputer bisa dilakukan sendiri atau boleh juga minta dirakitkan oleh penjual.


Cukup itu saja yang bisa saya sampaikan. Ekspetasi dengan kenyataan bisa berbeda, jika masih bingung sebaiknya tanya ke orang yang sudah ahlinya atau kunjungi langsung toko komputer rakitan. Semoga artikel ini bermanfaat ^_^


4 komentar

  1. sangat menarik untuk dibaca dan dijadikan pengetahuan seputar perakitan komputer... thank cronosal blog. :)

    ReplyDelete
  2. Makasih banyak untuk artikelnya tentang Komputer Gaming Murah nya. Joss

    ReplyDelete

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming