Friday, April 22, 2016

Mengoptimalkan Performa Game dengan GeForce Experience

Mengoptimalkan Performa Game dengan GeForce Experience

CRONOSAL - Setidaknya dalam kurun waktu 5 tahun terakhir kita bisa melihat para raksasa game mulai berani mengeluarkan biaya milyaran dollar untuk meracik sebuah karya video game. Biaya yang begitu besar ini pada akhirnya berpengaruh pada konten game itu sendiri yang semakin semarak dan tentu saja meminta hardware yang lebih tinggi.

Inilah yang menjadi alasan mengapa produsen hardware tidak tinggal diam memproduksi hardware yang "itu-itu saja". Mereka berinovasi, mengubah gaya arsitektur lama dan menggantinya dengan teknologi baru. Dan kali ini, NVIDIA salah satu vendor gaming raksasa, juga mengikutsertakan software untuk menunjang pengalaman gaming yang signifikan.

GeForce Experience merupakan aplikasi resmi dari NVIDIA yang berfungsi untuk mengoptimalkan performa game berdasarkan kemampuan hardware yang dimiliki. Aplikasi ini sangat membantu bagi sobat yang kurang memahami cara mengkonfigurasi pengaturan pada game, apalagi game AAA masa kini yang menyuntikan hingga puluhan opsi grafis dan cenderung agak membingungkan.

Mengoptimalkan Performa Game dengan GeForce Experience
Hanya seri yang diberi kotak merah yang bisa menggunakan fitur Game Optimization pada GeForce Experience.
Aplikasi ini sendiri hanya ditujukan bagi pengguna graphics card NVIDIA seri tertentu saja.


Untuk sobat yang telah memakai salah satu kartu grafis di atas hampir bisa dipastikan telah menginstal GeForce Experience. Namun jika belum memilikinya, silahkan download versi terbaru disini.

Jalankan programnya, hanya perlu masuk ke tab Preferences, kemudian menu Games, lalu klik Check now untuk memindai game yang ada di komputer sobat. Hal ini tidak perlu dilakukan jika game yang ingin dimainkan sudah terdeteksi.

Mengoptimalkan Performa Game dengan GeForce Experience

Selanjutnya klik tab Games lalu pilih game yang akan dioptimalkan performanya. Klik judul game tersebut, lalu klik Optimize. Secara otomatis presets game akan mengikuti pengaturan yang telah ditetapkan oleh GeForce Experience, sesuai kemampuan hardware sobat.


Disini sobat juga bisa membandingkan settings bawaan (atau settings yang diatur sendiri) dengan settings dari GeForce Experience. Tulisan yang berwarna hijau menandakan perbedaan antara kedua settings tersebut.

Mengoptimalkan Performa Game dengan GeForce Experience

Setelahnya, klik Launch game dan akan terasa perubahan performa game yang lumayan kentara.

Mengoptimalkan Performa Game dengan GeForce Experience

Ujicoba yang saya lakukan terhadap game Grand Theft Auto V dengan kartu grafis GALAX GTX 950 menghasilkan kesimpulan yang menakjubkan.


Secara garis besar frame rate meningkat hingga 20% padahal visualnya terlihat lebih tajam dan jernih. Berbanding terbalik dengan apa yang saya perkirakan bahwa kualitas grafis tinggi akan menurunkan frame rate, namun GeForce Experience melakukan tugas terbaiknya disini.

Kini aplikasi unggulan NVIDIA ini telah mendukung sejumlah game online maupun offline yang dominan dirajai oleh game AAA. Sobat bisa melihat daftar game yang bisa dioptimalkan GeForce Experience di halaman ini.


Namun bukan tanpa masalah, ukuran driver yang teramat besar dan frekuensi update yang tinggi kadang membuat keinginan bermain game harus ditunda.

Pasalnya NVIDIA rajin mengupdate driver mereka ketika game AAA (terkenal) baru saja dirilis. Seperti ketika Hitman Absolution dan The Division dirilis, mau tidak mau pengguna harus menginstal driver terbaru yang ukurannya di atas 300 megabyte. Buruknya di saat itu juga tidak ada kesempatan untuk memainkan game lewat optimalisasi GeForce Experience.


Terlepas dari kebijakannya yang menurut saya pribadi agak menyiksa, hadirnya aplikasi GeForce Experience menjadi bukti bahwa NVIDIA tidak rela gamernya mendapatkan pengalaman kurang nyaman saat memainkan game berat sekalipun.

Update 7 Juni 2016

Mengoptimalkan Performa Game dengan GeForce Experience
Testimoni :v

For NVIDIA users only...


Berlangganan Artikel Via Email



7 comments

mas saya mau mengoptimalkan perfoma game minecraft kenapa tidak terscan ya sama NVIDIA nya? yg terscan hanya game2 seperti dota dan CS. mohon pencerahannya...

Nvidia hanya memiliki database game dalam jumlah terbatas, tidak semua game ada

Gan, kok ga bisa di launch yah, malah muncul You'll need new app..... This steam. Barangkali ada solusi gan

game bajakan sepertiassassin creed black flag ga bisa terdeteksi ya..?

gan saya mau tanya ini kok di nvidia expirience dotanya tidak kedetect ya?

kalo game bajakan nggak terdeteksi sama nvidia ya gan? ane sudah melakukan rescan kok nggak ada game nya? alias " not found " berarti harus game original donk ^_^

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming