Thursday, April 21, 2016

Merekam Tampilan Monitor dalam Format GIF, MP4, AVI, OGG, atau WEBM

Merekam Tampilan Monitor dalam Format GIF, MP4, AVI, OGG, atau WEBM

CRONOSAL - Aplikasi untuk merekam tampilan monitor telah banyak beredar, baik terbitan developer terkemuka maupun hasil kerja sekumpulan komunitas kecil. Kebanyakan dari aplikasi tersebut hanya menghasilkan format video. Ini menjadi kendala bagi mereka yang memerlukan format GIF yang akan dijadikan sebagai konten web.

Sebelumnya saya pernah memposting cara membuat screenshot bergerak dalam format GIF dengan bantuan LICEcap. Hingga kini masih cukup powerfull meski ia tampil dengan kesederhanaan.

Kali ini sebuah aplikasi untuk merekam tampilan layar monitor hadir dengan beragam output. Namanya adalah Vclip, software ini memungkinkan sobat merekam tampilan monitor komputer bagi keseluruhan maupun sebagian.

Menariknya, Vclip tidak hanya mendukung format video saja, melainkan juga gambar. Diantaranya adalah GIF, MP4, AVI, OGG, dan WEBM.

Merekam Tampilan Monitor dalam Format GIF, MP4, AVI, OGG, atau WEBM

Jendela utama dari Vclip sangat sederhana, setidaknya hanya ada 2 buah tombol yang bisa dilihat pada bagian kanan. Masing-masing adalah perintah Rec dan Save.

Pada sub perintah sobat bisa memilih salah satu dari 3 presets frame rate, yaitu 15 FPS, 25 FPS, dan 30 FPS. Semakin tinggi frame rate maka hasilnya akan lebih halus.

Menariknya, jumlah frame yang direkam akan tertulis, berdampingan dengan total waktu yang dipergunakan untuk merekam.

Kelebihan lain yang dimiliki Vclip ialah dimensi area yang mudah diatur. Cukup mengarahkan mouse pada tepian jendela kemudian atur seberapa luas wilayah yang akan direkam Vclip.

Merekam Tampilan Monitor dalam Format GIF, MP4, AVI, OGG, atau WEBM

Download Vclip

Setelah melakukan perekaman, sobat bisa menyimpannya dengan cara klik tombol Save dan setelah itu memilih direktori penyimpanan. Formatnya akan sesuai dengan pilihan sobat sebelum merekam.

Untuk saat ini pihak pembuat Vclip sengaja merancang aplikasi ini untuk penggunaan ringan, tidak banyak fitur opsional lain yang ditambahkan. Namun ini sudah cukup layak untuk merekam tampilan monitor dengan instan.

Vclip saat ini tersedia dalam versi portabel dimana ia tidak melalui proses instalasi untuk bisa digunakan. Sistem operasi yang didukung minimal Windows Vista, serta syarat teknis processor dengan multi-core atau multi-threading baik Intel maupun AMD.


Berlangganan Artikel Via Email



Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming