Buat Shortcut Situs Web dari Chrome di Desktop

shortcut situs web

CRONOSAL - Browsing kini lebih mudah, dan terus semakin mudah. Bukan hanya soal internet yang terus menerus meluas, tapi juga soal peningkatan perangkat atau device yang sobat gunakan, dan juga jaringan internet dari provider yang sobat pakai dalam menjelajahi dunia internet.

Dan satu hal yang paling penting dalam menjelajahi internet yang tak lain adalah browser. Beberapa browser populer, seperti Firefox, Chrome, Microsoft Edge, dan Safari, semakin bekerja dengan baik dengan fiturnya yang terus semakin bertambah dan memudahkan.

Chrome adalah yang paling favorit bagi saya. Bahkan setelah Microsoft Edge muncul dan mendapatkan updates sampai sekarang, Chrome adalah tetap yang terbaik. Chrome dianggap sebagai browser yang paling “ramah” bagi mereka yang menggunakan jaringan internet yang lambat.

Sama seperti yang lain, Chrome terus mendapat updates demi persaingannya dengan browser lain. 

Tapi terlepas dari updates, Chrome sedari dulu sudah punya satu fitur yang berguna yang memudahkan produktivitas, jika digunakan semakin mungkin.

Apa itu?

Yakni fitur tambah situs ke desktop, sebagai shortcut.

Ini mungkin fitur yang sepele. Sobat kemungkinan membuka situs web dengan membuka Chrome terlebih dahulu. Tapi membuka situs web langsung lewat desktop tampaknya wajib dicoba. Karena sobat mungkin bisa saja lupa dengan satu atau dua situs web berguna yang biasanya selalu dibuka.

Nah, untuk menghindari itu, buatlah shortcut-nya.

Cara Buat Shortcut Situs Web dari Chrome ke Desktop

Buka Chrome. Lalu buka atau kunjungi situs web yang hendak ditambahkan ke desktop sebagai shortcut.

Sobat mungkin perlu menunggu loading selesai. Karena membuat shortcut ini memerlukan favicon (icon situs web) agar tampak lebih menarik di desktop.

Jika sudah, klik menu yang ber-tool-tip “Customize and control Google Chrome”.

Masuk ke “More tools”, lalu pilih “Add to desktop”.

buat shortcut web

Sobat kemudian perlu membuat nama shortcut-nya. Lalu klik Add.

nama

Maka, shortcut pun sudah dibuat dengan sendirinya. Muncul di desktop.


Silakan lihat dan buka langsung situs web dari desktop.

Sebenarnya sobat dapat melakukan hal yang sama dengan Microsoft Edge. Sayangnya Edge hanya dapat mem-pin situs ke Start menu. Selain itu, shortcut menuju situs web yang dibuat secara manual tak memiliki favicon.

0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming