Cara Matikan Notifikasi Situs dari Chrome dan Firefox

notifikasi web

CRONOSAL - Ada satu hal yang sobat mungkin belum tahu tentang browser, yakni fitur notifikasi dari situs web. Fitur ini sangat berguna bagi orang yang sering berselancar di internet.

Kini semua browser populer seperti Chrome dan Firefox mendukung web notifications, atau notifikasi situs web. Notifikasi ini bekerja dengan cara mengirim sobat pemberitahuan dari apa yang baru mengenai situs web tersebut.

Misalnya Facebook. Jika sobat mengaktifkan notifikasinya di Chrome, Firefox, atau Edge, sobat akan mendapat pemberitahuan Facebook di browser yang sobat gunakan, bahkan ketika sobat tak membuka tab-nya.

Jadi, intinya, notifikasi dari situs web sangat berguna. Ya berguna jika sobat membutuhkannya. Apalagi jika sobat sudah terlalu sering menjelajahi web, maka fitur notifikasi web ini sangat dibutuhkan.

Matikan Notifikasi Web di Chrome

Di Chrome sendiri sobat dapat mengaktifkannya dengan mudah.

Masuk ke chrome://settings/content di address bar.

Sobat akan langsung melihat deretan grup settingan di Chrome.

Gulir atau scroll layar sedikit ke bawah, sampai melihat grup “Notification”.
matikan notifikasi

Pilih “Do not allow any site to show notifications” untuk mematikan notifikasi web di Chrome.

Jika sudah, klik Done.

Maka notifikasi dari situs web telah dimatikan di Chrome.

Matikan Notifikasi Web di Firefox

Untuk mematikan notifikasi dari situs web, buka Firefox.

Masuk ke about:config

Klik “I’ll be careful. I promise!” yang berarti bahwa sobat harus hati-hati mengubah settings Firefox di about:config. Dikarenakan semua settings di sana sangat krusial bagi kinerja Firefox untuk melakukan browsing.

firefox

Cari “notification”.

Lalu klik ganda pada dom.webnotifications.enabled yang akan menjadi value menjadi false, yang berarti notifikasi web telah dimatikan di Firefox.

matikan notifikasi web

Nah, begitulah cara mematikan notifikasi dari situs web di Chrome dan Firefox. Sobat kini tak akan lagi diganggu notifikasi yang bagi sobat tak ada gunanya lagi.

Btw, sobat masih bisa mematikan satu situs saja agar tak mampu memberi notifikasi di Chrome dan Firefox. Tapi bagi sobat yang ingin sekalian saja tak mau melihat notifikasi dari situs web mana pun, maka ini pilihan yang tepat.

0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming