Cara Gunakan Fitur “Tell Me” di Office 2016

tell me

CRONOSAL - Microsoft sudah tak asing lagi dalam membuat perubahan. Mereka suka dengan perubahan. Inovasi yang dilakukannya terhadap Windows 10 menjadi bukti kuatnya, yang juga didukung dengan Microsoft HoloLens sebagai inovasi yang paling maju yang terus diteliti dan diuji.

Windows 10 kini semakin maju saja. Sebagai OS terakhir dari Microsoft, Windows 10 selalu mendapat build baru setiap minggunya (Insider), dan akan diresmikan secara publik sebagai updates besar-besaran yang dirilis setahun sekali atau dua kali.

Microsoft memang doyan soal inovasi dan perubahan. Mereka bosan dengan cara produktivitas lama, dan ingin dengan cara produktivitas yang lebih memudahkan.

Office adalah salah satunya. Office sendiri masih bertahan di versi 2016 untuk saat ini. Dan fitur yang dibawa oleh Office 2016 bukan hanya terdapat pada tampilannya saja, tapi juga membawa satu fitur berguna yang disebut “Tell me”.

Tell Me

Fitur ini terletak di sebelah ribbon Microsoft Office 2016. Btw, fitur ini tak berbentuk ribbon, justru tampil sebagai kotak teks yang dapat sobat ketik apa pun di dalamnya untuk memerintahkan Office melakukan apa yang sobat inginkan.

tell me office

Sayangnya, fitur “Tell me” hanya berlaku dalam perintah teks saja. Mungkin nantinya fitur ini akan mendapat dukungan dari Cortana sebagai perintah suara. Entahlah. Saya tak tahu. Kita lihat saja nanti.

Fitur yang terletak di sebelah kanan ribbon ini bertuliskan “Tell me what you want to do”. Ketika diklik, fitur ini menampilkan contoh perintah seperti “print” yang jika diklik maka Office akan langsung mulai proses printing.

print

Sobat bisa berkreasi dengan fitur ini. Tinggal ketik perintah apa saja, maka Office akan langsung melakukannya.

Konsep fitur ini sebenarnya sederhana. Dibuat dengan mengumpulkan pintasan-pintasan seluruh fitur Microsoft Word, PowerPoint, Excel, dan sebagainya, yang mampu diakses dengan satu klik melalui text box “Tell me” ini.

Kita coba mengetik “page break”, yang langsung menampilkan hasil untuk membuat page break. Klik “Insert Page Break”, maka Office akan langsung membuatkannya untuk sobat.


Fitur “Tell me” ini berguna. Terlebih jika sobat kesulitan mencari fitur Office yang jumlahnya sangat banyak...

0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming