Cara Ubah Tema Dark/Light di Microsoft Edge

edge light dark

CRONOSAL - Microsoft mengganti browser lamanya Internet Explorer dengan browser yang lebih baru, yakni Microsoft Edge. Microsoft Edge ini membawa perubahan pada tampilan, fitur, dan kinerjanya, jauh lebih baik ketimbang Internet Explorer.

Agar Microsoft Edge lebih terlihat “berbeda”, Microsoft sengaja membuat Microsoft Edge hanya tersedia di Windows 10 dan dibangun dalam bentuk UWP (Universal Windows Platform), yang juga membuat Edge tersedia di Windows 10 Mobile.

Microsoft Edge sendiri tampaknya menjadi aplikasi yang satu-satunya di luar strategi Microsoft “Windows as service”. Tak sama seperti OneNote, Word, MSN News, dan aplikasi kembangan Microsoft lainnya yang tersedia di Android dan IOS, Microsoft Edge hanya tersedia di Windows 10.

Perkembangan Microsoft Edge semakin tampak. Di Anniversary Update, Microsoft menambah fitur ekstensi di dalamnya, dan beberapa fitur lain serta kinerjanya yang lebih meningkat. Belum nantinya hadir Creator Update yang membawa lebih banyak peningkatan.

Karena UWP, Microsoft Edge tak terlalu memiliki banyak kebebasan untuk diubah tampilannya. Mungkin karena alasan kinerja, Microsoft Edge dibuat secara UWP. Dan hanya ada satu yang dapat kita ubah, yakni tema gelap dan tema terang.

Memilih tema gelap atau tema terang mungkin terdengar sepele. Tapi fitur ini masih tak banyak dimiliki browser lainnya secara default. Kebanyakan dari browser populer, masih mengandalkan add-ons atau ekstensi yang sudah jelas memberatkan kinerja browser.

Lalu bagaimana cara mengubah tema Microsoft Edge?

Cara Mengubah Tema Dark/Light Microsoft Edge

Buka Microsoft Edge.

Klik tombol “More” (...) yang terletak di pojok kanan atas layar.

More Microsoft Edge

Pilih Settings yang berada di paling bawah.

Settings Microsoft Edge

Di dalam “Choose a theme”, pilih Dark atau Light.

tema gelap terang microsoft edge

Lalu Microsoft Edge pun berubah menjadi tema yang sesuai sobat pilih.

Tampilan Microsoft Edge sangat terbatas untuk diubah tampilannya sekarang. Mungkin suatu saat nanti Microsoft membuat perubahan besar dari tampilan Microsoft Edge sendiri. Kita lihat saja nanti..

Btw, tampilan Microsoft Edge dengan gelap sangat nyaman digunakan di malam hari. Tampilan gelap kononnya mampu menghemat baterai lebih awet. Karena intensitas cahaya yang dibutuhkan lebih sedikit...

0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming