Cara Mengubah Default Aplikasi di Windows 10

CRONOSAL - Windows semakin saja membawa perubahan. Dan perubahan yang dibawa juga merupakan hasil peningkatan dari perubahan di Windows 8. Windows 8 membawa aplikasi Metro yang kini berubah menjadi aplikasi UWP (Universal Windows Platform) di Windows 10.

Dengan kehadiran aplikasi sejenis ini, kita bisa menerima notifikasi dari aplikasi yang juga kita gunakan di perangkat lain. Dari aplikasi UWP, kita bisa menerima chat dari aplikasi chat yang sama di perangkat yang berbeda. Inovasi ini membuat hidup menjadi lebih mudah.

Windows 10 hadir dengan Unversal Windows Platform. UWP membawa kemudahan dari ketersediaan aplikasinya di seluruh perangkat Windows. Mulai dari Windows 10 PC, Windows 10 Mobile, Xbox, hingga HoloLens. Semua dimudahkan dengan hadirnya UWP.

Ketika pertama menggunakan Windows 10, sobat akan menggunakan aplikasi bawaan sebagai aplikasi default. Sobat menggunakan aplikasi Photo bawaan sebagai aplikasi penampil foto default. Sobat juga menggunakan Microsoft Edge sebagai browser default.

Lalu, bagaimana cara mengubah aplikasi default?

Cara Mengubah Aplikasi Default di Windows 10

Buka Settings.

Lalu masuk ke System.

Lalu masuk lagi ke Default apps.

default aplikasi

Nah, di sinilah tempat untuk mengubah default apps.

Pada Email, sobat bisa mengubah Mail menjadi aplikasi pengelola email lainnya. Namun bagi saya, aplikasi Mail justru menjadi aplikasi pengelola email yang terbaik.

Pada Maps, sobat bisa mengubah Maps menjadi aplikasi map lain yang sobat sukai.

Pada Music player, sobat bisa mengubah Groove Music menjadi aplikasi pemutar musik lain yang mungkin sobat lebih sukai. Misalnya Windows Media Player.

Pada Photo viewer, sobat bisa mengubah Photos menjadi aplikasi penampil foto lainnya.

Pada Video player, sobat dapat mengubah Movies and TV menjadi aplikasi penampil video lainnya. Misalnya KMPlayer.

Yang terakhir adalah web browser. Sobat bisa mengubah Microsoft Edge menjadi browser lain yang populer. Misalnya Chrome, Firefox, atau apa pun.

reset default aplikasi

Nah. Jika aplikasi default yang sobat gunakan telah lama diganti dengan aplikasi yang sobat gunakan sekarang, sobat bisa me-reset semua aplikasi itu menjadi aplikasi default Windows 10. Klik saja Reset.

0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming