Cara Matikan Auto-Refresh Tab di Chrome


CRONOSAL - Google Chrome sebagai web browser terpopuler, selalu membawa fitur terbaru. Fitur ini disebut dengan “Automatic Tab Discarding”. Fitur inilah yang membuat sebuah tab me-reload secara otomatis situs web ketika sobat membukanya.

Ketika sobat meninggalkan suatu tab dan membuka tab dengan situs web yang baru, maka untuk membuka tab yang pertama, Google Chrome akan me-reload ulang. Ini akan menghemat RAM. Fitur ini sangatlah berguna.

Namun, fitur ini juga bisa berakibat fatal ketika ternyata sobat sedang meng-upload foto di Facebook, dan gagal karena Facebook ter-reload ulang karena sobat membuka tab yang lain. Fitur yang berguna, ternyata bisa merugikan.

Google Chrome masih tak sepintar yang kita bayangkan. Tak tahu situs mana yang layak dipertahankan ketika tab-nya kita tinggalkan. Jika sudah begini, kita perlu mengatasinya dengan mematikan fitur “Automatic Tab Discarding”.

Cara Matikan “Automatic Tab Discarding”


Buka Google Chrome.

Lalu kunjungi alamat berikut:
chrome://flags
Setelah sobat mengunjungi alamat tersebut, cari dengan menekan CTRL+F dan ketik “automatic”, maka akan muncul “Automatic Tab Discarding”.

automatic tab discarding

Langsung saja. Untuk mematikan fitur “Automatic Tab Discarding”, pilih Disable di sana.

Tentu saja, sobat perlu me-restart Google Chrome agar perubahan yang sobat buat diterapkan.

Seketika itu, Google Chrome tak akan lagi me-reload secara otomatis ketika sobat membuka suatu tab yang telah lama ditinggalkan.

Namun, ketika sobat memilih Disable pada settings tersebut, Google Chrome sama sekali tak akan me-reload situs web secara otomatis. Situs web apa pun.

Nah, ketimbang memilih Disable untuk mematikan fitur “Automatic Tab Discarding”, sobat dapat mengaktifkan fitur ini untuk situs-situs tertentu yang sedang dibuka dalam tab-tab tertentu.

Sobat dapat memilih situs web mana yang harus di-reload secara otomatis oleh Google Chrome. Ini akan menghemat RAM.

Untuk melakukan ini, kunjungi alamat berikut:
chrome://discards/
Lalu pilih halaman web atau situs web yang harus di-reload secara otomatis, ketika ditinggalkan. Klik Discard untuk “mematikan” suatu tab.

discarded

Seketika itu, tab yang dipilih akan di-reload secara otomatis ketika dibuka kembali.

0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming