5 Software Registry Cleaner Gratis untuk Optimalkan Performa PC

5 Software Registry Cleaner Gratis untuk Optimalkan Performa PC

CRONOSAL - Perangkat komputer dengan sistem operasi Windows memiliki registry yang berfungsi menyimpan segala konfigurasi antara hardware dengan software. Kustomasi apapun yang pernah kita buat pasti tersimpan di dalam registry, namun keberadaannya hanya umum di kalangan developer dan profesional.

Meski demikian kamu tetap harus memperhatikan "kebersihan" file registry Windows supaya komputer/laptop dapat beroperasi dengan optimal. Semakin tua suatu perangkat, semakin banyak "sampah" yang hinggap pada registry sehingga pada akhirnya menurunkan performa.

Kamu bisa melakukan berbagai macam tweak melalui program bawaan bernama Registry Editor. Tetapi cara ini tidak bersahabat bagi awam, untuk kamu yang tidak begitu paham sebaiknya gunakan tools pembersih registry.

Berikut 5 Software Registry Cleaner Gratis untuk Optimalkan Performa PC. Pastikan kamu sudah lebih dulu backup file registry untuk berjaga-jaga terjadi kesalahan.


Comodo PC TuneUp


Comodo PC TuneUp tidaklah membersihkan, namun memperbaiki. Itulah sebabnya program ini sangat direkomendasikan untuk pengguna Windows. Comodo PC TuneUp akan mengidentifikasi registry yang bermasalah bahkan cenderung menghambat performa komputer kemudian memperbaikinya. Sebagai tambahan, Comodo adalah perusahaan yang handal soal keamanan komputer dan sangat bisa diandalkan.

Download Comodo PC TuneUp Gratis


JetClean


JetClean adalah tools minimalis serbaguna untuk mengoptimalkan banyak bagian komputer. Dalam hal pembersihan registry, JetClean akan fokus pada akselerasi startup, optimalisasi bandwidth internet, dan peningkatan performa hardware. Software ini juga tidak mengandung bloatware, juga kamu bisa menggunakannya dalam format portable.

Download JetClean Gratis


Wise Registry Cleaner


Dari namanya saja sudah jelas apa yang menjadi tujuannya. Wise Registry Cleaner menawarkan kecepatan luar biasa untuk perbaikan registry. Hasil pemindaian terbagi berdasarkan kategori dan bisa dipilah-pilih mana yang ingin dibersihkan mana yang tidak. Disini juga tersedia opsi Pro dengan kemampuan dan fitur yang jauh lebih baik, meski demikian versi Free tetap layak.

Download Wise Registry Cleaner Gratis


Auslogics Registry Cleaner


Auslogics Registry Cleaner sangat sederhana, sebeleum pemindaian dimulai program akan mem-backup file registry sehingga tidak perlu khawatir apabila terjadi kesalahan pembersihan. Sayangnya program ini tersemat bloatware, perhatikan baik-baik saat menginstall, jika ada tawaran bloatware sebaiknya kamu tolak saja jika tidak tertarik.

Download Auslogics Registry Cleaner Gratis


CCleaner


Satu software untuk beragam optimisasi, itulah CCleaner. Pembersihan file registry oleh CCleaner terhitung sangat menakjubkan, tetapi juga kurang rapi. Mungkin kamu akan menemukan 1-2 bagian yang terlewatkan, tetapi secara umum software ini tetap direkomendasikan.

Download CCleaner Gratis


***

Kamu tidak perlu membersihkan registry setiap hari, cukup sekali saja dalam beberapa bulan. Setelah pembersihan jangan lupa restart dan rasakan peningkatan performanya!

0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming