Cara Menghapus File Permanen, Tanpa Masuk ke Recycle Bin

Cara Menghapus File Permanen, Tanpa Masuk ke Recycle Bin

CRONOSAL - Sejak pertama kali terbit pada Windows 95, Recycle Bin menjadi media penyimpanan yang ampuh untuk menghapus file. Selain itu, dalam beberapa kesempatan, Recycle Bin dapat berguna ketika pengguna tidak sengaja menghapus file karena di sanalah file yang terhapus disimpan.

Bagi beberapa user, memang Recycle Bin dianggap tidak berguna sama sekali. Khususnya mereka yang apabila menghapus file melakukannya secara permanen, yakni dengan menekan SHIFT + DEL.


Metode tersebut membuat file akan sirna dari komputer, tidak ada lagi di explorer, tidak ada lagi di Recycle Bin.

Jika sobat tidak ingin repot membersihkan file yang menumpuk di Recycle Bin atau memang lebih suka menghapus file secara permanen tanpa masuk ke Recycle Bin dahulu, ikuti tutorial berikut:

NB: Tutorial ini ditujukan untuk Windows Vista dan Windows 7. Saya tidak mengetahui apakah versi lain seperti Windows XP, Windows 8, atau Windows 10 dapat menggunakan cara serupa.
INFO: Jika sobat tidak ingin menggunakan metode dibawah ini, cukup dengan menekan SHIFT + DEL pada file yang ingin dihapus permanen, maka ia akan terhapus tanpa masuk ke Recycle Bin.

Cara Menghapus File Permanen, Tanpa Masuk ke Recycle Bin


1. Klik kanan pada ikon Recycle Bin. Kemudian klik Properties


Cara Menghapus File Permanen, Tanpa Masuk ke Recycle Bin

2. Selanjutnya, pilih Don't move files to the Recycle Bin. Remove files immediately when deleted kemudian klik OK




3. Finally, setiap file yang sobat hapus dengan cara biasa otomatis akan terhapus permanen, tidak akan masuk ke Recycle Bin terlebih dahulu


Wajib sobat ketahui bahwa fitur penyimpanan sementara adalah fungsi utama dari Recycle Bin. Jika sobat menonaktifkan fitur ini, maka Recycle Bin serasa tidak ada lagi, walaupun masih bisa diakses.


Percayalah, ini hampir bisa dibilang menghapus Recycle Bin. Ibaratnya di rumah sobat terdapat tempat sampah (Recycle Bin) namun sobat sendiri memiliki insinerator atau alat pembakar sampah. Kurang lebih begitu penggambarannya.

Untuk saya sendiri memang sengaja mematikan fitur tersebut karena saya sendiri jika menghapus file pasti secara permanen. Saya tidak begitu takut dengan insiden "tak sengaja terhapus" karena ada cara untuk mengembalikan file yang terhapus, bahkan terhapus permanen sekalipun.

Baca juga: 17 Software Gratis untuk Mengembalikan Data yang Terhapus

Semoga dapat membantu sobat :D


0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming