Laptop, Notebook, dan Netbook, Apa Perbedaannya?

Laptop, Notebook, dan Netbook, Apa Perbedaannya?

CRONOSAL - Tidak perlu diragukan lagi, saat ini trend komputer jinjing menjadi pilihan sebagian besar orang berkat kemampuan mobilitasnya serta performa hardware yang cukup mumpuni meski terbilang belum sanggup menyamai komputer desktop terutama dari segi harganya.

Saya rasa, tidak perlu menjelaskan lagi deskripsi detil mengenai laptop. Secara singkat ia adalah komputer dengan desain lipat dan ditujukan untuk orang yang suka bepergian. Namun masih banyak yang salah tafsir ketika melihat notebook dan netbook, mereka mengatakan keduanya adalah laptop.

Benarkah demikian?

Walaupun memiliki konsep yang hampir sama, faktanya terdapat perbedaan spesifik terkait laptop, notebook, dan netbook.

Komputer jinjing, ya! Memang benar semuanya itu digolongkan dalam satu 'kingdom' yang sama, komputer yang bisa dibawa kemana-mana.

Semuanya memiliki kesamaan seperti bisa dilipat, sumber energi internal, dan dimensi yang tipis. Namun apa yang perbedaan dari ketiga jenis komputer yang masih satu keluarga tersebut?


Laptop, Notebook, dan Netbook, Apa Perbedaannya?


Laptop

Laptop, Notebook, dan Netbook, Apa Perbedaannya?

Ini adalah model yang paling umum dan mudah kita temui. Secara historis, laptop cenderung memiliki bentuk yang cukup besar. Dirancang untuk menggantikan komputer desktop dalam beberapa aspek.

Karakteristik utamanya ialah memiliki DVD ROM internal, dengan demikian laptop cenderung lebih tebal dibanding model komputer jinjing lainnya.

Ukuran layarnya berkisar 12" hingga 18".



Notebook

Laptop, Notebook, dan Netbook, Apa Perbedaannya?

Agak mirip dengan laptop, bisa disebut juga bentuk terbaru dari laptop. Nyaris tidak ada yang membedakan antara laptop dengan notebook kecuali keberadaan DVD ROM. Notebook tidak memiliki DVD ROM internal. Maka ia lebih tipis.

Soal kemampuan, notebook tetap memiliki performa yang sebanding dengan laptop meski komponen hardware didalamnya lebih rapat. Buktinya, banyak vendor yang merilis notebook gaming.

Perlu sobat ketahui, harga dari notebook sedikit di atas laptop.

Soal ukuran layar, notebook sama seperti halnya dengan laptop, yakni 12" hingga 18".


Netbook

Laptop, Notebook, dan Netbook, Apa Perbedaannya?

Versi yang tidak begitu digemari untuk beberapa kalangan, ini karena netbook ditujukan untuk aktivitas ringan.

Netbook memiliki ukuran layar sekitar 7" hingga 12". Tentu saja desain yang kecil ini jelas membuat netbook tidak disertai dengan DVD ROM internal.

Memiliki berat sekitar 1 sampai 2 kilogram, komponen hardware pada netbook tidak dirancang untuk aktivitas yang "menyiksa". Mungkin sekedar menonton video, mengetik, browsing, mendengar lagu, atau bermain game sekelas Plants vs Zombies.

Kelebihan dari netbook ialah baterai tahan lama serta harga yang sangat murah, bahkan saat ini banyak beredar dengan harga berkisar 2 jutaan.


Cuma itu saja? Nggak sob! Masih ada lagi model lain yang masih satu keluarga!


Ultrabook

Laptop, Notebook, dan Netbook, Apa Perbedaannya?

Merupakan kelanjutan dari notebook namun dirancang khusus agar pantas mendapat gelar "ultra".

Ultrabook dapat diketahui lewat tingkat ketebalannya, dari semua komputer jinjing saat ini, ultrabook adalah yang paling tipis.

Salah satu contohnya adalah MacBook Air buatan Apple. Sobat bisa cek sendiri betapa tipisnya perangkat tersebut. Produsen ultrabook sengaja menciptakan komputer ini secara eksklusif dengan hardware serta software yang diberikan secara default.

Ultrabook memiliki kekuatan hardware yang cukup membuat geleng-geleng kepala. Bagaimana tidak? Ketahanan baterai sama kuatnya dengan netbook padahal spesifikasinya lebih tinggi.

Selain itu, Ultrabook biasanya dilengkapi dengan penyimpanan SSD yang sudah tentu lebih cepat dibanding HDD. Tak mengherankan jika produk ultrabook mendapat rating memuaskan soal kecepatan.

Karena lebih tipis, maka ia juga tidak memiliki DVD ROM internal. Berat dari ultrabook kurang dari 1.5 kilogram.


Chromebook

Laptop, Notebook, dan Netbook, Apa Perbedaannya?

Dari namanya saja sudah bisa diketahui, chromebook adalah komputer jinjing besutan Google yang secara spesial menggunakan Chrome OS.

Sebenarnya ia termasuk kategori notebook/ultrabook hanya saja dibuat khusus untuk dipasangkan Chrome OS, sistem operasi berbasis browser.

Kelebihan utamanya adalah pengguna akan benar-benar dimanja oleh layanan internet yang sangat banyak dan sebagian besarnya gratis.

Selain itu, chromebook memiliki keunggulan dalam hal booting. Ia hanya butuh waktu kurang dari 10 detik untuk masuk ke tampilan desktop.


PC Tablet

Laptop, Notebook, dan Netbook, Apa Perbedaannya?

Sederhana saja, PC tablet tidak memiliki keyboard fisik karena sudah didukung oleh layar sentuh. PC tablet tidak dilipat, mungkin agak mirip seperti smartphone.

Walaupun terlihat seperti smartphone, PC tablet tetaplah golongan komputer karena sistem operasi didalamnya adalah sistem operasi komputer, bukan smartphone.

Ukurannya kurang lebih sama seperti netbook. Salah satu contoh PC tablet adalah iPad.


Hybrid

Laptop, Notebook, dan Netbook, Apa Perbedaannya?

Hybrid adalah gabungan dari PC tablet dengan notebook/netbook/ultrabook. Hybrid menggunakan layar sentuh namun juga memiliki keyboard layaknya notebook.

Layar dari hybrid bisa dilepas dan bisa digunakan secara mandiri. Jadi, mesinnya terletak pada layar, bukan papan keyboard.

Untuk saat ini, hybrid memang tergolong barang baru. Bahkan hardware yang digunakannya tidak begitu cepat sehingga kurang cocok untuk kebutuhan berat seperti gaming.

Rata-rata penyimpanannya juga rendah, berkisar di angka 32GB. Bandingkan dengan rata-rata notebook yang sudah diatas 250GB.

Namun demikian, hybrid sudah membawa fungsi komputer dalam bentuk yang lebih kecil dan sangat portable. Mungkin perlu waktu beberapa tahun ke depan agar hybrid bisa menyamai setidaknya notebook.


Palmtop

Laptop, Notebook, dan Netbook, Apa Perbedaannya?

Nama ini kurang populer, tetapi percayalah dekade lalu benda ini menjadi "penentu" tingkat kekayaan seseorang :v

Palmtop dapat menjalankan komputasi layaknya komputer pada umumnya. Hanya saja, ia memiliki kemampuan yang terbatas. Ini amat wajar karena palmtop berukuran sangat kecil, kira-kira dapat masuk ke saku.

Beberapa dari palmtop memiliki layar sentuh namun tak begitu sensitif, untuk itu perlu stylus untuk menggunakannya.

Tidak sedikit dari palmtop yang sanggup menjalankan sistem operasi Windows XP dengan lancar. Tetapi karena spesifikasinya rendah, beberapa software tidak bisa dijalankan dengan baik di palmtop.

Saya rasa sobat juga tidak tertarik dengan palmtop. Hal ini wajar karena palmtop sudah ketinggalan zaman. Produksi dari palmtop juga sudah dihentikan. Amat sulit menemukan komputer kecil ini di toko online sekalipun.

Laptop, Notebook, dan Netbook, Apa Perbedaannya?
Reaksi agan setelah membaca ulasan tadi.

Oke, kesimpulannya; artikel ini sukses membuat sobat semakin bingung karena banyaknya tipe komputer jinjing di dunia ini :v

Tidak menutup kemungkinan ada model lain diluar sana yang namanya tidak dikenal namun memiliki keunggulan yang tak dimiliki oleh jenisnya.

At least, artikel ini bisa membantu sobat membedakan laptop, notebook, netbook bahkan ultrabook, chromebook, hybrid, hingga si "kecil" palmtop. Mengenai kesalahan umum  yang terjadi di masyarakat soal penyebutan beberapa benda di atas, bisa dimaklumi dan mohon jangan berantem untuk masalah begini :v #Kidding

Oh ya, ngomong-ngomong, koreksi jika ada kesalahan :)

Laptop, Notebook, dan Netbook, Apa Perbedaannya?


3 komentar

  1. Bonus nya kurang greget :v Tank Top :v

    ReplyDelete
  2. Hahaha saya bahkan tidak punya laptop atau sejenisnya :v ( untuk anak yang cita-citanya jadi progammer ) .
    Mungkin di masa saat saya koment ini saya tidak punya komputer. Tapi nanti tahun berikutnya :D.

    Doakan saya punya komputer ya gan :D . Admin doakan yak .

    ReplyDelete

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming