IUBES: Game RTS untuk Pemula

IUBES: Game RTS untuk Pemula

CRONOSAL - Real time strategy (RTS), mendengar salah satu genre game terpopuler ini mungkin terlintas di benak kalian soal strategi untuk mengembangkan sebuah wilayah, memanfaatkan setiap sumber daya yang ada, melatih prajurit, menciptakan fasilitas besar, serta menginvasi koloni lain demi tujuan kejayaan.

Well, sejak dulu hingga sekarang konsep seperti ini masih terus berlaku. Hanya ada sedikit pengembangan yang terjadi belakangan ini, namun dasar permainan nyaris tak pernah berubah. Bicara soal sedikit perubahan, sebuah developer indie bernama Codrer menciptakan game RTS dengan sentuhan inovasi; IUBES.

IUBES memang tidak sepopuler nama lain seperti StarCraft atau Warcraft, tetapi dalam skala ringan, game ini mampu memperkenalkan game RTS, khususnya bagi mereka yang benar-benar awam dengan game bergaya strategi. IUBES sendiri sejatinya merupakan koloni yang beraktivitas di dalam kerajaan Anda. Ia memiliki kecerdasan dimana mereka dapat bergerak secara mandiri, otomatis membuat player tidak begitu kerepotan dalam menangani setiap proyek yang dibangun, termasuk peperangan.

Mencari makan, mengolah sumber daya, membangun fasilitas, melatih prajurit, hingga melawan musuh dapat dilakukan oleh IUBES. Mereka dapat memutuskan apa yang menjadi prioritas, namun faktor jarak juga mempengaruhi perilaku mereka. IUBES akan cenderung memilih pekerjaan yang dapat dilakukannya dalam jarak yang relatif dekat. Meski dalam beberapa kali kesempatan mereka sempat menyeberangi daerah yang luas untuk membantu sebuah pekerjaan.

Koloni lebih terorganisasi, menghemat waktu lebih banyak, dan melakukan segala pekerjaan secara bersama. Hal ini memudahkan Anda dalam mengatur setiap elemen di wilayah yang Anda kuasai. Tak hanya itu, IUBES sendiri memiliki kecerdasan dimana mereka dapat "menduplikasi" strategi musuh. Sebagai contoh, ada 3 buah kerajaan, yakni kerajaan A, B, dan C. Anda berada pada posisi kerajaan A, suatu saat kerajaan B berhasil mengalahkan kerajaan C. Terkadang, IUBES yang Anda miliki dapat membuat strategi yang sama seperti ketika B mengalahkan kerajaan C.

IUBES: Game RTS untuk Pemula

IUBES: Game RTS untuk Pemula

IUBES: Game RTS untuk Pemula

IUBES: Game RTS untuk Pemula

IUBES: Game RTS untuk Pemula

IUBES: Game RTS untuk Pemula


Download IUBES

Keunikan lain yang dimiliki game ini berada pada desain map yang "berani" berbeda dengan game sejenisnya. IUBES menerapkan map melingkar 360 derajat ke sisi atas. Seolah Anda berada pada sebuah tabung dengan 2 kutubnya yang berlubang, dari sanalah cahaya berasal. Harus diakui, butuh sedikit adaptasi untuk karakteristik map pada IUBES. Kelebihannya, Anda bisa melihat map dalam landscape yang cukup luas. Kekurangannya, agak sulit melihat sisi atas kecuali jika Anda yang mengarahkannya sendiri kesana.

Seperti game RTS pada umumnya, Anda yang tidak ingin membuang waktu lebih banyak dapat mengaktifkan fast forward hingga 25 kali. Menurut saya pribadi, walaupun dipercepat hingga pilihan maksimal, faktanya untuk membangun beberapa bangunan tetap membutuhkan waktu yang relatif lama. Kembali lagi pada pasukan IUBES yang Anda miliki, jika dikerjaan secara bersama maka akan jauh lebih efektif. Disarankan untuk tidak membangun banyak proyek dalam satu waktu karena justru membuat IUBES berhamburan mengerjakan proyek bangunan secara individual dan tentu saja Anda harus mengorbankan lebih banyak waktu.

Kabar baiknya, game besutan Codrer ini dapat dimainkan secara online. Mereka mengklaim dapat menampung puluhan player dalam satu map. Ini akan membuat setiap event seperti terlihat "pesta" kembang api, namun sifatnya destruktif.

IUBES dapat dikontrol menggunakan keyboard saja atau dengan mouse juga untuk permainan yang lebih optimal.

Playable on low end PC.


0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming