Monday, March 2, 2015

Cara Mengetahui Kemampuan VGA dengan Mudah

Cara Mengetahui Kemampuan VGA dengan Mudah

CRONOSAL-Video Graphics Array atau VGA adalah bagian dari komputer yang memproses semua data visual dan menampilkannya pada monitor. Kita tahu bahwa VGA yang beredar saat ini semakin beragam sesuai kebutuhannya. Tetapi kebanyakan pembeli memilih VGA dengan kualitas gaming karena memiliki spesifikasi yang tinggi. Meskipun dikelompokkan sebagai VGA gaming, sebagian orang menggunakannya untuk proses video editing, image editing, rendering, 3D design, dan sebagainya.

Secara garis besar, kualitas VGA ditentukan oleh kapasitas memori, interface, overclocking, jalur data, dan DirectX. Tetapi faktanya tidak semua orang memperhatikan sampai ke bagian tersebut, mereka hanya melihat harga dan embel-embel gaming saja. Padahal tidak selamanya VGA mahal memiliki spesifikasi yang bagus. Agar sobat lebih paham, yuk cek kemampuan VGA komputer sobat. Oh ya, dalam tutorial ini kita menggunakan sebuah software bernama Valley Benchmark yang dapat didownload gratis. Valley Benchmark menggunakan simulasi seperti game untuk melakukan benchmarking.


Cara Mengetahui Kemampuan VGA dengan Mudah



1. Download program Valley Benchmark


2. Install kemudian buka programnya


3. Sesuaikan pengaturannya, kemudian klik RUN untuk menjalankan proses benchmarking

Cara Mengetahui Kemampuan VGA dengan Mudah

4. Tunggu sekitar 3-5 menit selama program melakukan proses benchmarking. Tenang saja, di saat itu juga sobat akan disuguhkan pemandangan indah. Namun tetap saja dipengaruhi kualitas VGA

Cara Mengetahui Kemampuan VGA dengan Mudah

5. Setelah itu akan muncul hasilnya kurang lebih seperti berikut ini

Cara Mengetahui Kemampuan VGA dengan Mudah

Keterangan:
Score 10 - 501 = LOW END VGA
Score 501 - 1001 = MEDIUM VGA
Score > 1002 = HIGH END VGA

Cara Mengetahui Ukuran Kapasitas VGA Komputer. Jika sobat sudah mengetahui spesifikasi VGA sobat, maka sobat juga sudah bisa memperkirakan game atau program grafis apa saja yang dapat dijalankan dengan kemampuan VGA sobat. Tetapi bagaimana jika VGA yang sobat miliki ternyata memiliki kualitas rendah? Tenang saja, itu bukan rendah tetapi kurang memadai (sama aja kan, wkwkwk). VGA rendah jangan dipaksa bermain game, kecuali hanya sekedar bermain game sekelas Plants vs Zombies, mungkin itu tidak masalah.

Kalaupun ingin membeli VGA, pastikan isi dompet dan kebutuhan sesuai. Jangan asal membeli VGA tanpa mengetahui detilnya. Konsultasikan VGA dan perangkat komputer lainnya kepada orang yang lebih ahli. Semoga bermanfaat ^_^


Berlangganan Artikel Via Email



1 comments:

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming