Bantahan Terhadap Argumen Flat Earth - PART 5

argumen flat earth, bumi datar, bantahan flat earth, bantahan bumi datar, bantahan flat earth 101, bukti bumi bulat, bukti bumi datar, bumi datar palsu, konspirasi flat earth

CRONOSAL - Akhirnya bantahan Flat Earth PART 5 selesai. Berapa banyak dari kalian yang mengikutinya sejak PART 1? Pasti sedikit, tak banyak yang suka edukasi, kecuali pembodohan berkedok edukasi #eh.

Episode 5 ini kesannya "Indonesia banget". Kenapa saya bilang begitu? Sebab sebagian informasinya sengaja dipelintir untuk menciptakan kesan pro Flat Earth. Model seperti ini banyak dijumpai pada situs hoax. Tapi di saat yang sama beberapa argumennya terlihat tidak konsisten.

Seperti apa?

Ini dia...

argumen flat earth, bumi datar, bantahan flat earth, bantahan bumi datar, bantahan flat earth 101, bukti bumi bulat, bukti bumi datar, bumi datar palsu, konspirasi flat earth

Bantahan Terhadap Argumen Flat Earth - PART 5




Episode ini menjelaskan beberapa argumen dari beberapa sumber. Tentu saja dengan pelintiran yang cermat, itu semua dapat memperkuat doktrin Flat Earth. Tapi seperti peribahasa, sepandai-pandainya tupai melompat akhirnya akan jatuh juga.

Ini yang terjadi pada Flat Earth 101. Dia berpikir semua orang akan meyakini perkataannya tanpa cross check informasi.

Ini salah. Saya dan sebagian orang lainnya tidak bisa dibodohi pernyataan sesat Flat Earth. Asal mau berpikir kritis, membantah Flat Earth 101 bukan perkara sulit.


KLAIM: Menurut USGS peta bumi datar adalah dasar pembuatan peta bumi bola

argumen flat earth, bumi datar, bantahan flat earth, bantahan bumi datar, bantahan flat earth 101, bukti bumi bulat, bukti bumi datar, bumi datar palsu, konspirasi flat earth

Pernyataan keliru, USGS bahkan tidak pernah menyebut peta bumi globe berasal dari peta bumi datar. Justru peta bumi globe merupakan dasar dari berbagai proyeksi peta lainnya, termasuk Azimuthal Equidistant yang kini menjadi peta "nasional" penduduk Flat Earth.

Klaim dalam video terlalu mudah dibantah, semua orang bisa mengecek halaman proyeksi USGS dan membaca informasi yang sebenarnya.

Azimuthal Equidistant digunakan untuk mengukur dari pusat, selain itu salah

Jarak dari kutub utara ke semua tempat adalah benar. Jangan coba-coba mengukur dari tempat selain kutub utara ke tempat lain, sebab bukan seperti itu cara menggunakan proyeksi Azimuthal Equidistant.

Yang membingungkan, USGS juga dari Amerika, kenapa FE timpang kepada NASA? It doesn't make sense.

Klaim tentang proyeksi peta bumi sudah dibantah sebelumnya pada PART 3.

Next...

Apakah kompas menunjuk arah utara berdasarkan peta bumi datar?

Anomali kesalahan kompas seperti ini tidak akan terjadi jika bumi datar (sumber: Youtube)

Kalau bumi datar, pilot tidak perlu repot memperbaiki kesalahan arah penunjukan kompas. Justru karena bumi bulat para pilot harus mengerti cara mengatasi masalah ini.

Pilot tidak akan diajari pengetahuan ini jika bumi berbentuk datar.



Jika punya teman atau kerabat yang menjadi seorang pilot, coba tanyakan tentang kompas. Atau to the point saja, tanyakan bentuk bumi dan lihat bagaimana reaksinya.


KLAIM: Horizon terlihat datar saat dilihat dari pesawat


Beberapa scene penerbangan dari pesawat dan balon udara tertulis di ketinggian 2,7 km, 11 km hingga 33 km. Faktanya angka tersebut terlalu rendah untuk bisa melihat lengkungan bumi dengan jelas.

Kedalaman lensa kamera pun dapat mempengaruhi pandangan. Semakin sempit pandangannya maka lengkungan makin sulit dilihat, begitu pula sebaliknya.

Tentang horizon yang tidak terlihat adanya lengkungan sudah dibantah di PART 4.


KLAIM: Rute penerbangan yang tidak masuk akal pada peta bumi globe

argumen flat earth, bumi datar, bantahan flat earth, bantahan bumi datar, bantahan flat earth 101, bukti bumi bulat, bukti bumi datar, bumi datar palsu, konspirasi flat earth

Bukan tidak masuk akal, namun memang dia yang merekayasa rute penerbangan. Orang yang juga tidak mengerti ini hampir dapat dipastikan bakal percaya. Hanya butuh sedikit kemauan untuk mencari untuk membantah klaim cocoklogi tersebut.

Kecerdikan Flat Earth 101 terlihat dari lokasi transit penerbangan yang dipilih. Ia memastikan rutenya tampak sempurna apabila menggunakan peta bumi datar.

Selain salah dalam menggunakan proyeksi Azimuthal Equidistant, ia juga berbohong tentang rute penerbangan. Mari kita gilas satu per satu.

"Tidak ada rute penerbangan dari Santiago (Chili) ke Johannesburg (Afrika Selatan), namun harus melalui Senegal"

Harus melalui Senegal? Yakin?
Apa ada keharusan untuk melalui Senegal?

Entah apa yang membuat si kreator video mengatakan harus melewati Senegal. Faktanya dari Santiago ke Johannesburg transit melalui Sao Paulo, bukan Senegal.

Santiago ke Johannesburg via Sao Paulo

Screenshot detil penerbangan maskapai Latam Airlines dari situs ebookers.com

Dari Sao Paulo bisa direct flight ke Johannesburg dengan SA223

Penumpang dari Santiago akan menuju Sao Paulo, masih benua yang sama. Kemudian melanjutkan perjalanan tanpa transit ke Johannesburg.

Siapa bilang harus lewat Senegal? Bahkan saya tak pernah menemukan rute tersebut.

Next...

"Rute penerbangan dari Johannesburg harus mampir dulu ke Dubai, baru ke Sydney"

Kalau pun ada rute dari Johannesburg dan harus mampir ke Dubai sebelum lanjut ke Sydney, itu dikarenakan transit penumpang. Namun seperti pada pernyataannya dalam video, transit penumpang tidak akan dilakukan apabila rutenya tidak masuk akal.

Penerbangan dari Johannesburg ke Sydney atau sebaliknya dapat ditempuh dengan direct flight alias tanpa transit.

Hasil pencarian Google, 6 penerbangan tanpa transit

Dari Johannesburg ke Sydney secara direct flight (sumber: Prokerala)

Qantas Airways menyediakan direct flight, tak perlu transit seperti klaim video

Rute QFA63 dari Sydney ke Johannesburg sedang dalam perjalanan ketika artikel ini ditulis (sumber: Flight Aware)

Seorang blogger yang menulis pengalamannya terbang dari Sydney ke Johannesburg (sumber: Go Travel Your Way)

Silahkan cek beberapa rute penerbangan antara kedua kota tersebut, saya tidak menemukan adanya rute Johannesburg - Dubai - Sydney.

Next...

"Dari Sydney harus transit dulu ke LA baru kemudian ke Santiago"

Ini yang paling parah. Agar terkesan cocok, Flat Earth 101 menggunakan kota Los Angeles yang notabenenya ada di belahan bumi utara.

Orang tidak akan sadar bahwa ia dibodohi jika tidak memeriksa sendiri kebenarannya.

Direct bisa, transit juga bisa (sumber: Flight Centre)

Lewat Los Angeles? Mana?

Rute penerbangan Sydney - Santiago secara direct flight dengan QFA27 (sumber: Flight Aware)

Rute Sydney - Santiago melalui jalur selatan. Akan aneh jika melalui Los Angeles. Jika ada rute tersebut yang melalui Los Angeles, mungkin itu dari Flat Earth Airlines.

Kenapa rute penerbangan pesawat semuanya berbentuk melengkung?
Simple, karena mengikuti lengkungan bumi atau dengan kata lain karena bumi bulat.

Next...

"Bukti telak pendaratan darurat di Alaska pada rute Bali - LA"

Ada yang harus kalian ketahui tentang rute penerbangan dari Bali ke Los Angeles. Penerbangan tersebut bukan direct flight, tapi transit di terlebih dahulu di Taiwan.

Jadi rutenya adalah Bali - Taiwan - LA.

Ini yang sengaja ditutupi Flat Earth 101 agar tipuannya makin sempurna.

Ups... ternyata dari transit dari Taiwan barulah ke Los Angeles. Sekarang ketahuan siapa yang pembohong (sumber: Daily Mail)

Andaikan para penonton video Flat Earth 101 mau lebih kritis untuk memeriksa informasi, saya yakin tidak akan bisa dibohongi oleh "sulap" murahan seperti itu.

Berita kelahiran bayi di pesawat sempat booming tahun lalu. Beberapa media lokal turut memberitakan kejadian memorial tersebut.

Sayangnya kebanyakan orang cuma membaca judul, tak tahu rute sebenarnya yang transit di Taiwan.

Rute dari Taiwan ke LA

Mana yang lebih dekat, LA atau Alaska? Pikirkan sendiri (referensi: Inquisitr)

So, ini sama sekali bukan bukti telak seperti yang terus menerus dikumandangkan dalam klaim konyol Flat Earth. Ia membuat rute fiktif dari Bali ke LA dengan garis lurus agar orang awam percaya.

Jangan kaget jika kalangan Flat Earth gemar memalsukan data, saya sudah sering melihat kejadian serupa. Bahkan di bantahan sebelumnya terlihat jelas bagaimana upayanya untuk menipu.

Satu yang mengganjal pikiran saya, seharusnya Flat Earth 101 sudah mengetahui bahwa rutenya memang melalui Taiwan - LA. Sebab ia mengatakan sendiri sumber beritanya dari Daily Mail. Mustahil jika ia tidak membaca berita tersebut.

Namun mengapa ia memalsukan jalurnya menjadi Bali - LA?
Kenapa ia malah sengaja membohongi?


KLAIM: Perjalanan James Cook membuktikan peta bumi globe bohong

argumen flat earth, bumi datar, bantahan flat earth, bantahan bumi datar, bantahan flat earth 101, bukti bumi bulat, bukti bumi datar, bumi datar palsu, konspirasi flat earth

Yang bener? Pembohong kok teriak pembohong?

Pada klaim ini ada beberapa pernyataan yang sengaja dipelintir agar kesannya sesuai. Flat Earth 101 berusaha meyakinkan bahwa belahan bumi selatan diisi oleh tembok es. Kompleks es raksasa yang menjadi batas bumi datar.

Oke, mari kita bantah...

"ia (James Cook) hanya menemukan tembok es, tidak ada jalan masuk"

Kalimat yang menurut saya sangat jenius. Seolah-olah mengklaim perjalanan James Cook adalah untuk menembus Antartika.

Faktanya Cook diperintahkan atau lebih tepatnya dipercayakan oleh Royal Society untuk mengeksplorasi belahan bumi selatan. Mereka sangat yakin tentang adanya benua di selatan.

Yes, Antractic Circle, not giant ice wall

Cook berhasil kesana, ia menjadi orang pertama yang melewati Lingkaran Antartika, dimana lapisan es menutupi sebagian lautan sehingga kapal tidak bisa terlalu jauh berlayar.

Wilayah Lingkaran Antartika ditutupi es dan kabut tebal sehingga amat sulit untuk menembusnya hingga mencapai daratan. Bahkan Cook terpisah dengan krunya ketika menghadapi kabut Antartika.

Lingkaran Antartika

Perkataan James Cook dipelintir, seolah Antartika adalah tembok es seperti klaim FE. Padahal sebenarnya Cook berusaha melewati lapisan es agar bisa mencapai daratan asli Antartika. Sayangnya sebelum sampai, persediaan sudah habis dan memaksanya kembali ke arah Tahiti.

Lapisan es tipis bisa ditembus kapal, tidak mungkin kapal menembus tembok es raksasa (Foto: Greenpeace International)

Cook tak pernah mengatakan tembok es raksasa menghalanginya (gambar: pulau es dalam catatan Cook)

Kalau Antartika adalah tembok es raksasa, maka Cook tidak akan berusaha menembusnya.

Next...

"Keliling Antartika versi bumi globe 19.300 km, padahal Cook menjelajah tembok es Antartika 60.000 km"

Wow, benarkah?

Perjalanan Cook di belahan bumi selatan adalah perjalannya yang kedua atau sering disebut Second Voyage.

Saya sudah mencari informasi angka 60.000 km di berbagai situs kredibel seperti Wikipedia, Capt Cook, James Cook, Captain Cook, New World Encyclopedia, Ducksters, Princeton, History, Captain Cook Society, Britannica, Australian Dictionary of Biography, Biography, dan sebagainya.

Namun klaim perjalanan Cook menempuh sejauh 60.000 km justru tidak ada.

Kalian tetap bisa menemukan klaim tersebut pada blog yang dimiliki oleh kaum FE. Sayangnya, mereka juga tidak memberikan sumber valid.

Sampai akhirnya saya menemukan satu sumber valid di South Pole, perjalanan Cook yang benar adalah sejauh 60.000 mil atau sekitar 97.000 km.

60.000 mil adalah total perjalanan, bukan hanya mengelilingi Lingkaran Antartika

Ketika mengelilingi Lingkaran Antartika, Cook hanya melewati sekitar 25.000 km.

Ingat, angka 19.300 km merupakan panjang garis pantai, bukan keliling Lingkaran Antartika.

Angka 25.000 km masuk akal sebab Cook menjelajah di sekitar luar Antartika yang berdasarkan bentuk bumi bulat, jaraknya makin melebar. Justru ini tidak mungkin terjadi apabila buminya datar.

Januari - Maret 1773, Cook mencoba menembus lapisan es dan menemukan Antartika

Satu lagi, durasi perjalanan di belahan bumi selatan selama 3 tahun 8 hari itu salah, yang benar adalah durasi perjalanan dari awal hingga akhir. Sebab perjalanan mengitari Antartika yang dilakukan Cook hanya 3 bulan.

Kenapa bisa membengkak menjadi 3 tahun 8 hari?

Cook bukan sekedar menjelajah, ia juga mengeksplorasi tempat-tempat baru, beristirahat, mengisi perbekalan, mengunjungi New Zealand, dan perjalanan lain di luar ekspedisi utama seperti ketika ia berputar-putar di Pasifik.

Kesimpulannya, Cook tetap belum berhasil menemukan benua selatan alias Antartika sebab sulit untuk menembus lapisan es di tengah badai besar, kondisi suhu yang ekstrim, serta perbekalan yang makin menipis.

Cook tidak pernah mengatakan adanya tembok es raksasa yang menghalanginya untuk mencapai Antartika.

Apakah ini peta Flat Earth? Tentu saja bukan :p

Cook tercatat sebagai orang yang hampir berhasil mencapai Antartika untuk pertama kalinya. Namun hingga akhir hayatnya, ekspetasi tersebut belum pernah terwujud. Kini kita tahu orang pertama yang mencapai Antartika ialah Edward Bransfield pada 1820.


KLAIM: Tentang ekspedisi Operation Highjump

argumen flat earth, bumi datar, bantahan flat earth, bantahan bumi datar, bantahan flat earth 101, bukti bumi bulat, bukti bumi datar, bumi datar palsu, konspirasi flat earth

Informasi terkait Admiral Byrd yang disampaikan memang benar, terutama beberapa award dan ekspedisi yang ia lakukan, termasuk Operation Higjump (Agustus 1946 - Februari 1947) yang diselenggarakannya.

Namun sebagian diantaranya butuh penjelasan agar tidak terjadi misinformasi.

Well, kita akan bahas secara sederhana.

Mengapa Operation Highjump membawa pasukan dalam jumlah besar?

Operation Highjump memiliki beberapa tujuan seperti:
  • Melatih prajurit perang dalam kondisi dingin
  • Mengeksplorasi wilayah Antartika sebagai bagian dari Amerika Serikat
  • Membangun basis penelitian
Camp militer di Antartika selama Operation Highjump

Setidaknya itulah ketiga tujuan utama Operation Highjump. Dua diantaranya sangat erat dengan ketentaraan, maka dari itu tak heran terlihat camp militer yang dibangun disana. Para prajurit dilatih untuk bertahan dalam kondisi suhu yang ekstrim.

Operation Highjump berlangsung setelah Perang Dunia II. Amerika Serikat tidak mau kecolongan Uni Soviet, mereka langsung "menjajah" Antartika dan menempatinya selama beberapa waktu.

Tujuan lainnya ialah membangun basis penelitian. Maka dari itu mereka banyak membawa material bangunan dan perangkat penelitian. Di Antartika ga ada yang jual material, makanya mereka bawa bahan sendiri dari rumah :p

Bulldozer membersihkan jalur yang ditutupi es

Membangun gedung tidak mungkin dilakukan di atas es, namun harus di atas daratan. Tidak mungkin mendirikan bangunan di atas tembok es.

Kalau Antartika cuma tembok es raksasa, mereka tidak akan membangun basis penelitian disana. Menancapkan beton di atas es? Pasti amblas.

Next...

Wilayah Antartika yang tak ada salju dan memungkinkan adanya kehidupan?

Dataran yang kering itu namanya Oasis Antartika. Daerah yang secara alami tidak tertutup es. Ada banyak faktor geologis yang membuat daerah itu tidak memiliki salju.

Oasis Antartika terbesar yakni Dry McMurdo Dry Valleys, sekitar 4.900 km persegi. Bandingkan dengan wilayah Provinsi Yogyakarta yang hanya 3.100 km persegi.

Apakah disana hangat?

Tidak, disana tetap saja dingin. Namanya juga Antartika. Meski demikian, tetap ada wilayah perairan yang airnya tidak membeku namun tetap dingin.

Di daerah oasis sekalipun mayat tetap termumifikasi akibat suhu dingin (sumber: Wikipedia)

Citra satelit menunjukan danau Vostok di Antartika (sumber: Wikipedia)

Kala ekspedisi Operation Highjump, mereka melewati salah satu oasis bernama Bunger Hills. Berikut videonya:



Apakah ada danau hangat di Antartika?

Lebih tepatnya, danau dengan dasar hangat. Panas dari geothermal membuat air tidak membeku meski di sekelilingnya terdapat es. Permukaannya tetap saja dingin. Contohnya yang ada pada danau Vostok.

Apakah memungkinkan adanya kehidupan?

Iya, misalnya penguin, ikan, dan sebagainya. Jangan berharap manusia bisa punya pemukiman permanen disana sebab kondisinya sangat gersang akibat tidak adanya tumbuhan yang menyuplai oksigen, terlepas bahwa ada daerah yang hangat.


KLAIM: Tentang pernyataan Admiral Byrd setelah Operation Deep Freeze

argumen flat earth, bumi datar, bantahan flat earth, bantahan bumi datar, bantahan flat earth 101, bukti bumi bulat, bukti bumi datar, bumi datar palsu, konspirasi flat earth

Ini yang paling fenomenal. Ada banyak sekali klaim tentang Admiral Byrd. Ini sangat menarik, terutama beberapa ungkapannya dalam wawancara setelah Operation Deep Freeze.

Bisa jadi ini scene yang paling kalian ingat dari episode Flat Earth 101.

Operation Deep Freeze tak jauh beda dengan Operation Highjump. Hanya saja tujuannya lebih banyak, seperti yang tertulis dari situs South Pole Station:

Poin penting tujuan diadakannya Operation Deep Freeze

Berikut penjelasan dari pernyataan fenomenal Admiral Byrd di televisi seusai melakukan ekspedisi Operation Deep Freeze:

"Ada wilayah sebesar AS yang belum pernah dilihat manusia, lokasinya melewati kutub di belahan lain kutub selatan"

Kata yang Byrd ucapkan ialah "beyond the pole on the other side of south pole" bukan "beyond the pole on the other side of Antarctic". Hanya berbeda satu kata namun definisinya akan salah.

Ada yang harus kalian ketahui, kutub selatan dan Antartika itu berbeda. Antartika adalah benua yang berada di kutub selatan. Andai Antartika tidak ada, kutub selatan tetap ada.

Disanalah letak titik "south pole" alias kutub selatan (sumber: World Atlas)

Yang Byrd katakan adalah daerah sebesar Amerika Serikat di sisi lain kutub selatan (south pole). Itu artinya wilayah tersebut masih berada di Antartika.

Byrd juga mengatakan wilayah tersebut belum pernah dilihat manusia sebelumnya. Pernyataan ini cukup masuk akal mengingat kala itu hanya sedikit tempat yang sudah dieksplorasi manusia.

Ada wilayah di Antartika yang belum "diakuisisi" (sumber: Youtube)

Entah daerah mana yang dimaksudkan Byrd, tapi dapat dipastikan wilayah tersebut sangat luas. Sebab baru sedikit daerah yang diketahui manusia.

Jika masih di Antartika, mengapa Byrd mengatakan ada wilayah seluas Amerika Serikat?

Luas Antartika sekitar 14 juta km persegi. Sementara luas Amerika Serikat sekitar 9,8 juta kilometer per segi.

Secara objektif Antartika lebih luas dibanding Amerika Serikat. Tidak ada yang aneh dari pernyataan Byrd. Jadi, yang ia maksudkan adalah wilayah seluas Amerika Serikat di sisi lain kutub selatan, di Antartika.

Next...

"Ada banyak mineral seperti batu bara, minyak, dan mungkin uranium, namun kenapa tak dieksploitasi?"

Penyebabnya bukan karena sosok bernama "Elite Global" menyembunyikan Antartika, namun ini adalah kesepakatan negara-negara di dunia melalui Antarctic Treaty.

Salah satu poinnya mengatur untuk tidak melakukan eksploitasi sumber daya alam di Antartika dalam rangka menjaga ekosistem disana.

Tapi kenapa ada pertambangan di kutub utara?

Di kutub utara tidak ada pertambangan, karena disana murni lapisan es, tidak ada daratan seperti di Antartika. Kecuali pertambangan di dekat kutub utara, memang ada sebab ada daratan beberapa negara.

Wilayah Samudera Arktik berada di kutub utara (sumber: World Atlas)

Kutub utara ditutupi Samudera Arktik dengan lapisan es tebal. Mau menambang apa disana?

Mineral yang dieksploitasi disana menjadi hak masing-masing negara. Bahkan sudah ada pembagian wilayahnya.

Lokasi pertambangan di dekat kutub utara, berada di daratan

Salah satu pertambangan batu bara di Norwegia, berada di tepi laut (sumber: Photo Shelter)

So, simplenya memang sudah ada pertambangan di kutub utara sejak lama, namun penguasaannya milik masing-masing kedaulatan negara-negara yang berada dekat kutub utara.

Next...

"Ada kemungkinan serangan udara musuh dari Antartika"

Ayo, coba kalian tebak mengapa Admiral Byrd mengatakan demikian?

Musuh Amerika Serikat adalah Uni Soviet. Serangan kedua negara biasa dilakukan melalui kutub utara. Mengingat bumi berbentuk bulat, pernyataan Byrd berkaitan dengan adanya kemungkinan serangan Uni Soviet dari jalur berbeda, yakni kutub selatan.

Tapi kenapa Byrd tidak secara gamblang menyebut musuh itu sebagai Uni Soviet?

Karena Perang Dingin. Kedua negara adikuasa ini dalam kondisi tegang. Ada sedikit saja pemicu, akan muncul konfik besar. Baik AS dan Uni Soviet mencoba menjaga segala tindakannya, termasuk menjaga perkataan dari seorang perwira seperti Admiral Byrd agar tidak menyinggung salah satu pihak.

Andai saja Byrd mengatakan serangan musuh dari Uni Soviet....

Bagaimana reaksi Uni Soviet?
Tentu saja mereka berpikir AS memulai konfrontasi. Mereka yang tadinya lagi santai tiba-tiba ada "ajakan" perang. Apakah mereka akan diam? Tidak! Untuk itulah Byrd tidak menyebut nama Uni Soviet dalam wawancaranya.

Byrd tahu Uni Soviet punya hak wilayah di Antartika, maka bisa saja ada kemungkinan serangan dari sana.

Sampai disini, ada hal yang agak membingungkan. FE meyakini kubah bumi tak bisa ditembus, namun di saat yang sama juga mengamini perkataan Admiral Byrd yang melewati Antartika. Sangat kontradiktif bukan?

Berikut video lengkap Wawancara Byrd:



FYI: Ternyata pernyataan Byrd juga dipakai untuk memperkuat argumen Hollow Earth, sebuah kepercayaan lain tentang bentuk bumi.

Jangan dikira Admiral Byrd cuma "brand ambassador" milik Flat Earth saja :v


KLAIM: Yang dibangun justru pangkalan militer

argumen flat earth, bumi datar, bantahan flat earth, bantahan bumi datar, bantahan flat earth 101, bukti bumi bulat, bukti bumi datar, bumi datar palsu, konspirasi flat earth

Hadeh. Coba baca Antarctic Treaty. Justru tidak diizinkan aktivitas militer disana, apalagi sampai membangun markas militer.

Bangunan yang ada pada video tersebut bukan markas militer, melainkan stasiun Aerofoil.

Bangunan ini tepat berada di titik kutub selatan

Meskipun aktivitas militer dilarang, tapi faktanya tetap ada kunjungan militer ke Antartika.

Lho, buat apa? kan sudah dilarang?

Ada dua alasan:

Pertama, tentara datang kesana sebagai bentuk klaim hak wilayah. Semakin luas yang dieksplorasi, semakin banyak wilayah yang didapat. Namun tetap saja mereka tidak boleh membangun markas militer. Mereka juga harus tetap pulang ke negara asalnya.

Kedua, untuk kepentingan patroli. Mereka memastikan tak ada yang macam-macam di Antartika. Setiap negara yang punya hak wilayah di Antartika tetap harus mematuhi aturan dalam Antarctic Treaty.


KLAIM: Ada bangunan berbentuk kubah di Antartika


Kalau ada bangunan berbentuk kubah berarti auto Flat Earth :v

Klaim dalam video Flat Earth 101 cuma upaya cocoklogi saja, tidak lebih.

Faktanya bangunan berbentuk "dome" seperti itu ada sangat banyak di dunia. Tersebar dimana-mana, bukan cuma di Antartika.

Bangunan dengan model seperti ini sangat mainstream

Rumah Honai = Flat Earth?

Bangunan berbentuk kubah pada video tersebut merupakan stasiun penelitian

Tapi yang menjadi pertanyaan, kenapa bentuknya seperti itu?

Bentuk kubah dapat menjaga suhu udara lebih baik (sumber: Different Spaces)

Persediaan dalam kubah (sumber: Steemit)

Mereka menggunakan kubah agar suhu udara di dalam dapat terjaga. Kubah ini melindungi berbagai persediaan penting di dalam dari suhu yang sangat rendah di Antartika.

Bangunan yang merupakan ide dari Buckminster Fuller ini sudah dihancurkan pada 2009


KLAIM: Peta berusia 1000 tahun dari Jepang yang menunjukan benua di luar bumi datar

argumen flat earth, bumi datar, bantahan flat earth, bantahan bumi datar, bantahan flat earth 101, bukti bumi bulat, bukti bumi datar, bumi datar palsu, konspirasi flat earth

Sangat mudah membantah argumen ini. Caranya adalah dengan mengunjungi halaman situs yang melampirkan peta tersebut.

Kalian bisa melihatnya di Library of Congress.

Berita aneh ini diterbitkan oleh The Hawaiian Gazette tahun 1907. Wow, sudah tua sekali. Dalam koran tersebut tertulis judul "Was This World Map Mad Ten Centuries Ago?".

Silahkan kalian baca beritanya secara seksama. Saya menemukan banyak kejanggalan serta dapat dipastikan peta tersebut palsu.

Dikatakan Dr. Kobayashi mendapat kiriman salinan peta bumi datar oleh saudaranya. Peta tersebut diklaim sudah berusia 1000 tahun, ditemukan di sebuah kuil di Jepang.

Yang jadi pertanyaan saya...

Orang Jepang 1000 tahun lalu sudah mengerti Azimuthal Equidistant?

Orang Jepang 1000 tahun lalu sudah tahu bentuk benua di dunia?

Hebat sekali! Atau mungkin mereka punya mesin waktu seperti Doraemon dan mengambil rupa benua yang telah dieksplorasi oleh James Cook dan Columbus.

Inilah alasan mengapa peta tersebut adalah palsu

Ternyata saudara Dr. Kobayashi percaya bahwa bumi itu datar. Dia juga seorang seniman yang dapat melukiskan gambar atraktif untuk meyakinkan orang tentang teorinya.

Dan yang paling janggal, peta tersebut cuma hasil penyalinan. Peta asli dikatakan sudah rusak dan dimakan ulat.

But... kenapa dia gak tunjukan juga peta yang asli?

Setidaknya agar ada bukti otentik, juga dapat dilakukan penelitian oleh ahlinya untuk memastikan usia peta tersebut.

Anehnya, yang dia kirim malah hasil salinannya.

Tidak ada bukti ilmiah. Yang ada cuma klaim sepihak, sesuatu yang biasa dilakukan penganut bumi datar.


KLAIM: Antartika adalah daerah terlarang

argumen flat earth, bumi datar, bantahan flat earth, bantahan bumi datar, bantahan flat earth 101, bukti bumi bulat, bukti bumi datar, bumi datar palsu, konspirasi flat earth

No comment. Sudah berkali-kali dia mengatakan Antartika tidak boleh dikunjungi, padahal kenyataannya siapapun boleh kesana. Program wisata ke Antartika pun banyak.

Silahkan baca Antarctic Treaty System atau ringkasannya di Wikipedia.

Apakah kalian menemukan klaim yang sama dengan video?


KLAIM: Anda tak bisa terbang melintas Antartika

argumen flat earth, bumi datar, bantahan flat earth, bantahan bumi datar, bantahan flat earth 101, bukti bumi bulat, bukti bumi datar, bumi datar palsu, konspirasi flat earth

Klaim yang kontradiktif dengan klaim sebelumnya. Sebelumnya bilang kubah bumi tak bisa ditembus. Lalu yakin Admiral Byrd menembus Antartika. Sekarang bilang ke penonton kita gak bisa terbang melewati Antartika.

Jadi maksudnya gimana?

Informasi untuk kalian, penerbangan melalui kutub selatan itu ada. Dari dulu sudah ada, sudah ada sejak sebelum klaim ini dibuat.


Rute melewati Antartika itu ada, namun sedikit karena beberapa faktor (sumber: Wikipedia)

Direct flight melewati Antartika, ada

Setidaknya alasan geografi, peraturan penerbangan, dan ETOPS menyebabkan tak banyak maskapai penerbangan menggunakan jalur kutub selatan.

Silahkan kalian cari penerbangan yang melewati Antartika atau kutub selatan. Lalu kalian bisa simpulkan sendiri siapa yang sedang berusaha menipu.


KLAIM: Pengunjung Antartika hanya boleh memotret horizon dengan kaca cembung

argumen flat earth, bumi datar, bantahan flat earth, bantahan bumi datar, bantahan flat earth 101, bukti bumi bulat, bukti bumi datar, bumi datar palsu, konspirasi flat earth

Sebentar, tadi katanya Antartika adalah daerah terlarang, kok sekarang malah bilang pengunjung hanya boleh memotret horizon dengan kaca cembung. Berarti pengunjungnya ada dong? :v

Flat Earth 101 memang sangat labil.

Saran saya, coba buka situs penyedia layanan wisata ke Antartika kemudian baca peraturan pengunjung disana. Tidak ada larangan untuk memotret horizon secara langsung.

Benda bulat reflektif itu bukan menjadi syarat untuk memotret horizon. Benda itu adalah simbol kutub selatan (ceremonial South Pole).

Lokasinya berada tepat di titik kutub selatan, di depan stasiun Aerofoil (sumber: Wikipedia)

Bendanya saja cuma ada satu, apa semua pengunjung harus datang ke stasiun Aerofoil dulu untuk sekedar memotret horizon?

Cuma butuh nalar untuk membantah argumen super ngawur seperti ini.


KLAIM: AS dan Soviet membom nuklir langit menembus kubah bumi

argumen flat earth, bumi datar, bantahan flat earth, bantahan bumi datar, bantahan flat earth 101, bukti bumi bulat, bukti bumi datar, bumi datar palsu, konspirasi flat earth

Jangan sekali-sekali percaya pada klaim video Flat Earth 101 jika tidak memeriksa ulang informasi yang ia sampaikan.

High Altitude Nuclear Explosion atau disingkat HANE bukan sebuah usaha untuk menembus kubah bumi. Pengujian ini dilakukan antara tahun 1958 - 1962 dalam rangka menguji senjata nuklir AS dan Soviet.

Militer dibackup oleh para saintis diminta untuk menilai kekuatan dan dampak serangan nuklir. Hasilnya...

Efek dari HANE (sumber: Facebook)

Atas dasar kerusakan "berlebih" yang dibuatnya, percobaan bom nuklir dilarang dilakukan di atmosfer, di luar angkasa, atau di bawah air. Peraturan ini disepakati negara-negara di dunia dalam Partial Nuclear Test Ban Treaty pada 1963, setahun setelah HANE.

Ini sama sekali bukan dalam rangka menembus kubah bumi dalam klaim FE. Faktanya Sputnik 1 sudah lebih dulu diluncurkan ke ruang angkasa sebelum HANE diselenggarakan.

So, bagaimana mungkin HANE dikatakan sebagai percobaan menembus langit? Logikanya dimana?

Kubah bumi versi FE setinggi 5000 km, sementara roket ini baru 500 km kok sudah meledak? Apa itu pantas disebut usaha untuk menembus kubah bumi?

Next...

Bagaimana dengan headline berita yang menyebutkan ada kubah bumi?

Ilmuwan menemukan perisai di dekat sabuk Van Allen, mereka menyebutnya Killer Electrons karena berfungsi memblokir elektron yang bergerak pada kecepatan tinggi sehingga tidak masuk ke atmosfer bumi.

FE kadang membenci saintis modern, tapi kadang juga setuju dengan penelitiannya. Tidak konsisten.

Next...

Bagaimana dengan nama-nama operasi seperti Dominic dan Fishbowl?

Lebay. Itu cuma bentuk cocoklogi. Salah satu klub sepakbola bernama Arema Cronus. Cronus adalah salah satu dewa dalam mitologi Yunani. Apa artinya mereka menyembah dewa Cronus?

Nama operasi ya terserah yang menamakannya. Contohnya seperti ini:

Argus = Sosok raksasa dalam mitologi Yunani dengan 100 mata
Hardtack = Biskuit keras tanpa garam

Kenapa dua nama di atas juga tak dibahas? Padahal juga termasuk HANE :p

Inilah yang disebut cocoklogi. Mengambil segmen yang cocok dengan klaimnya dan mengesampingkan bagian lain.


KLAIM: Ledakan nuklir tertahan kubah bumi

argumen flat earth, bumi datar, bantahan flat earth, bantahan bumi datar, bantahan flat earth 101, bukti bumi bulat, bukti bumi datar, bumi datar palsu, konspirasi flat earth

Satu lagi cocoklogi. Dengan backsound yang menggelora, footage ledakan nuklir yang dahsyat, serta ditambah caption untuk memperkuat argumen, maka tak heran jika ada banyak orang yang mempercayainya.

Kubah bumi versi FE setinggi 5000 km, tak mungkin ledakan nuklir yang cuma 500 km tertahan seperti klaim mereka. Argumen yang berlawanan, tidak punya kepastian.

Bentuk seperti itu merupakan awan jamur atau Pyrocumulus. Bom nuklir memang seperti itu, tak peduli mau diledakan di udara atau di darat, pasti akan terbentuk gumpalan asap yang membumbung tinggi berbentuk jamur.

Awan jamur pada ledakan bom nuklir Nagasaki, padahal diledakan di darat lho

Kalau kalian mau membaca lebih lanjut mengapa bom nuklir selalu membentuk awan jamur, silahkan baca di National Geographic.

Selanjutnya, ledakan nuklir menyebabkan tekanan yang sangat kuat, akibatnya udara terangkat membentuk lengkungan berwarna putih, seolah ada yang menahan. Padahal itu cuma efek kondensasi uap air.

Hal yang sama juga terjadi pada pesawat jet ketika melaju pada kecepatan tinggi

Asalkan para penonton Flat Earth 101 mau mencari informasi valid, penganut Flat Earth tidak akan banyak. Sayang sekali kita tahu bahwa kebanyakan orang Indonesia malas cross check, dikasih informasi konyol malah dianggap serius.


Bantahan untuk episode 5 tuntas. Saya rasa sebagian dari pembaca yang sudah mengikuti seri ini sejak PART 1 sepertinya sudah paham bagaimana membedakan informasi palsu dan asli. Setidaknya penyesatan seperti ini tidak mempan lagi.

Saya punya pengalaman dengan beberapa kaum FE. Ketika saya menyuruh mereka untuk membaca tulisan bantahan ini, mereka menolak untuk membacanya. Sekalipun ada yang membaca, mereka tetap tak mau mengakui bahwa doktrin FE penuh kesesatan. Bagi mereka, Flat Earth 101 adalah channel edukasi yang mencerahkan. Wow... sejak kapan definisi penyesatan dan edukasi tertukar?

Oh ya, saya belum menjawab klaim yang katanya Antartika dijaga ketat pasukan militer. Untuk yang ini, selama otak masih di kepala dan tidak ada gangguan berpikir, kalian sudah bisa menilainya sendiri.

INDEKS

52 komentar

  1. Bisa dijelaskan nih langsung saja nih di episode 10 suhu lapisan atmosfer di 400 km di google 1982 •c dikatakan suhu ini sanagt panas... Bagaimana bisa satelit tdk bisa terbakar lapisan ini di namakan termosfer.. Langsung aja broo di jelaskan.. Saya sebenarnya bingung kok bisa jga.. Sy sih tdk langsung percaya sama video ini tpi kamu bisa jelaskan sekarang ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kain akan terbakar jika terkena api. Tentu para pembuat pakaian pemadam kebakaran tidak bodoh, mereka memperhitungkan bahan yang tepat.

      Sama seperti mereka yang menciptakan satelit. Segala sesuatunya sudah diperhitungkan dengan cermat. Saya tidak bisa membahas ini sekarang, tapi saya janji akan menulisnya agar orang mudah mengerti.

      Kalau masih penasaran, silahkan cermati gambar ini:
      https://www.metabunk.org/sk/20151106-082235-5r2yr.jpg

      Delete
  2. hanya orang bodoh, menganggap bumi itu bulat,.
    lanutkan bro nice

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih bodoh lagi orang yang ber-argumen tanpa alasan

      Delete
  3. saya teknisi parabola bro,aku kurang yakin dgn satelit..
    aku lbh percaya dgn white alice,,krn aku sdh mencobanya sendiri alhasil nyata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Parabola untuk apa dulu? Sejak sebelum ada satelit, parabola sudah ada. Saat ini reflektor parabola digunakan untuk gelombang micro dan satelit

      https://en.wikipedia.org/wiki/Parabola

      Delete
  4. Siang bro, penjelasanya dari suatu topik pembahasan ke pembahasan lain sangat bagus. Ada beberapa hal yang semula gw ragu liat di video flat earth 101 jadi kejawab disini.
    Lanjutkan, ini sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  5. Kalo dibuat versi video mungkin akan lebih uwaw. Lanjutkan bro.
    Bagaimanapun bentuk bumi yang kalian percaya, jangan ada debat yang memecah belah kita semua...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ingin membuat video berdasarkan materi dari sini, silahkan saja. Saya ga sempat bikin video soalnya sibuk

      Delete
  6. Kalo bulat telor ayam dong...haha..lanjutkenn sobbb.

    ReplyDelete
  7. mohon maaf sebelumnya min.
    saya menggunakan artikel anda untuk membantah pernyataan" kaum FE yg di Fb

    ReplyDelete
  8. semangat gan, bantah terus sampai akhir, moga aja sampai episode 10 gan. Kaya umar bin khatab, beliau memang sangat membantah kehadiran islam

    ReplyDelete
  9. Saya kurang mengerti tentang anomali kesalahan kompas yang digunakan oleh pilot saat terbang. Memangnya kompasnya kenapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Singkatnya saat pesawat terbang di daerah ekuator ke bawah, kompas bakal mengarah ke arah yang tidak pas

      Delete
  10. smoga bukan anda yang tersesat mas admin

    ReplyDelete
  11. https://www.merdeka.com/dunia/video-terbang-dari-bali-perempuan-ini-melahirkan-di-pesawat.html, berita bayi lahir di pesawat berangkatnya dari bali ke LA bro menurut kompas.. kayanya FE bener

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bali - Taiwan - LA

      Pesawat transit di Taiwan, memang itu rutenya

      Delete
    2. m.liputan6.com/global/read/2341068/dari-bali-ke-los-angeles-bayi-lahir-di-ketinggian-30000-kaki

      Mungkin bisa membantu

      Delete
    3. Baik bali mau pun taiwan, lebih dekat LA kalau pakai peta bumi globe, kalau pakai peta bumi datar lebih dekat alaska..
      Lagian kalau pakai peta bumi globe lebih enak mampir di hawai drpd alaska...

      Delete
    4. Tidak, pakai bumi globe lebih dekat ke Alaska. Justru rute penerbangan FE teramat aneh, malah menggunakan garis lurus

      Delete
  12. Mas, kenapa ya kalo di foto bumi atau foto di bulan luar angkasanya gelap? Ga ada bintang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eksposur cahaya, ini pengetahuan lazim di bidang fotografi

      Coba arahkan kamera pada monitor komputer dalam kondisi ruangan minim cahaya, akibatnya wilayah sekitar monitor menjadi lebih gelap

      kira-kira seperti itu analoginya

      Delete
  13. mas coba cek rute penerbangan Santiago ke Johannesburg menggunakan Qatar Airways, pesawatnya 2 kali transit, pertama di Brazil terus transit d Doha Qatar terus menuju ke Johannesburg. kalau dilihat di peta bumi bulat, dari Brazil ke Qatar itu lebih jauh dibanding dari Brazil Langsung Ke Johannesberg. okelah kalau pesawatnya harus ke Qatar, tp lebih dekat kalau ke Johannesberg dulu baru ke Qatar. beda kalau kita lihat peta bumi datar, rute trsebut lebih wajar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tau sejarah peta bumi datar kan? Peta itu "mencuri" proyeksi Azimuthal Equidistant

      Well, daripada ribet, coba buktikan dimana ada rute seperti itu? Maskapai mana yang menyediakannya?

      Berargumen tanpa bukti itu mudah

      Delete
    2. jawaban yang sebenarnya sgt menggambarkan intelektual anda. bisa bantah flat earth , tp gk bisa jelasin rute. malah balik nanya.

      Delete
  14. Maaf min, d'video FE mmng d'perbolehkn ada pengunjung tp daerah pinggiran'y sj. Klo FE mmng bnr bearti ada benua yg msh blm d'petakn..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa FE tak kunjung membuktikannya sendiri?

      Delete
  15. Setahu sy penduduk dunia yg mmpu pengen pergi ksna. Knp smpai skrng blm terwujud...jawaban'y "antarctic treaty"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah baca Antarctic Treaty? :)

      Delete
    2. Ada nggak laranga untuk melintasi Antartika di Antarctic Treaty yg asli ?

      Delete
  16. Kalo ingin tau yang sebenarnya. Mati aja dulu,nanti tanyakan kepada yang menciptakan langsung, allah swt. Dijamin 100000% jawbnnya bener. Tpi klo menurut pndpat sya sya lbih setuju GLOBE EARTH. Tapi hanya allah lah yang maha tau segalanya.

    ReplyDelete
  17. Bagaimana cara menentukan arah kiblat versi bumi globe. Saya bingung mau parcaya FE atau GE

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau situ langsung percaya FE, berarti kalau sholat jangan ikutin kiblat versi GE :)
      Tentukan kiblatnya sendiri, dan lantas sholatmu sebelumnya tidak mengarah ke kiblat

      Tinggal tanya para pemuka agama saja :)

      Delete
    2. jwbn yg dangkal. ngakak bacanya.

      Delete
    3. karena soal ini dia emang ga bisa jawab wkwkkw alias emang ga ada jawaban logis kalau pakai GE ahahhahah

      Delete
  18. Min kan expedisi james cook mencapai 60.000 miles ya... Nah sedangkan 1mile= 1,609... (1km lebih)... Bisa dikatakan 60.000 km...?? Apa ada pencerahan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidaklah.... mau dikemanakan 0,609 nya?

      Delete
    2. baca yg teliti mas, udah ditulis diatas, 97.000 km, bkn 60.000.
      "Sampai akhirnya saya menemukan satu sumber valid di South Pole, perjalanan Cook yang benar adalah sejauh 60.000 mil atau sekitar 97.000 km

      Delete
  19. langsung to the point aja, mas, saya gak pake bra-bro kayak komen di atas karena kamu bukan bro saya. So, kamu percaya sama NASA dan tetek bengek lainnya? dari cara kamu berbahasa di page2mu itu terlihat membully para FE, supaya dibilang (sok) benar? [tertawa]. UNTUK APA BUAT STATEMENT BANTAHAN KALAU MEMANG APA YG KAMU YAKINI TENTANG BUMI SUDAH DIREPRESENTASIKAN MELALUI NASA DAN ILMU2 YG DIAJARKAN DI SEKOLAH? LOLZ

    ReplyDelete
  20. Pak Ge saya mau bertanya dalam hitung"ngan teknik prarancangan pabrik ya kalo hanya alasan melindungi ekosistem engga masuk akal , karna klo liat di darat pencemaran sudah banyak malah industri makin merajalela , katanya antrtika luas lebih dr usa, pasang saja 10 pabrik dan pertimbangan di antartic angga akan buat benua nya leleh , flate earth lebih masuk akal karna penjagaan antartika oleh kamp" militer .agar antrtik tidak ada yg kesana secara umum ..

    ReplyDelete
  21. Bagaimana dengan gaya gravitasi? Kenapa bumi hanya menarik kenapa tidak mendorong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa yg mengharuskan ada gaya dorong ? Hukum Kekekalan energi seperti kata Bossdarling ? dah baca belum hukum kekekalan energi yg sebenarnya ? Carui aja di buku2 fisika SMA dan sim,pulkan sendiri butuh gaya dorong atau tidak ?

      Delete
  22. Sampai sekarang saya masih percaya bumi datar, kalau ada yang merasa itu salah tolong berikan koreksi buat saya aupaya tidak jauh tersesat.
    Kenapa saya percaya satu saja, arah kiblat dari selatan sumatera adalah mengikuti bayangan matahari di bulan mei per tanggal 28 jam 4 sore menurut MUI, artinya ikut artinya setengah kekanan arah utara.. Saya lihat di arah matahari mengelilingi bumi FE itu benar, tapi di globe malah ke afrika.. Dan di Al qur'an juga disebutkan mataharilah yang mengelilingi bumi, saya lupa ayatnya tapi ada..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba sebutin disini ayat yg mana yg nyebutkan matahari mengelilingi bumi, jgn2 ente ngarang doank lagi.

      Delete
    2. Al-Anbiya’/21 : 33

      ingat ya disebutkan matahari tidak diam. tapi mengitari

      Delete
  23. Saya mau tanya...bumi itu kenapa harus bulat...kok gk kotak,atau bentuk nya kaya risol aja gituh...

    ReplyDelete
  24. Ngakak jir :v, lbih lucu ini dripada sblah

    ReplyDelete
  25. Saya bingung FE ini sekolah nilainya berapa gembar gembor tanpa fakta :v bahkan menyangkal teori2 guru besar/master profesi dengan statement profesor yutup :V

    ReplyDelete

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming