Cara Nonaktifkan Cortana di Lock Screen Windows 10

CRONOSAL - Kini dunia semakin modern. Banyak hal-hal baru yang menakjubkan ditemukan di jaman ini. Dan salah satu yang semakin maju dan wow adalah kecerdasan buatan, dalam bahasa internasionalnya disebut “artificial intelligence” atau disingkat sebagai AI.

Dan kembangan AI yang sekarang salah satunya muncul adalah Cortana. Cortana, yang merupakan rival Siri dan Google Now, tertanam secara default di Windows 10 dan Windows 10 Mobile. Strategi Microsoft juga membuat Cortana dapat digunakan di Android dan iOS.

Cortana, setelah datangnya Anniversary Update di Windows 10, punya fitur baru. Kini ia dapat mendengarkan perintah sobat langsung lewat Lock screen. Hal yang sama terjadi pada Cortana di Windows 10 Mobile, dan mungkin pula Cortana di Android dan iOS.

Dan kadang fitur ini bisa mengganggu privasi. Meski pun sobat dapat membatasi informasi yang diberikan Cortana di lock screen, sobat mungkin masih tetap khawatir. Risau dengan keamanan privasi sobat yang sudah dibungkus di dalam kecerdasan Cortana.

Nah, lalu bagaimana cara mematikan Cortana di lock screen?

Cara Disable Cortana di Lock Screen

Pertama, pastikan perangkat sobat, PC atau smartphone, terhubung ke internet. Ini akan membuat settings yang sobat ubah dapat tersinkron di semua perangkat.

Lalu buka Cortana.

Masuk ke Settings.

Cortana

Dan sobat akan langsung melihat berbagai setting-an Cortana yang dapat sobat ubah dan sesuaikan sesuai keinginan dan kebutuhan sobat.

Di sana terdapat “Use Cortana even when my device is locked”. Untuk mematikan Cortana di lock screen, klik dari On menjadi Off.

disable cortana di lock screen

Di sana juga terdapat opsi lain. “Let Cortana access my calendar, email, and power BI when my device is locked”. Matikan saja fitur ini. Karena jika aktif, orang lain dapat menyusupi privasi sobat dengan melihat informasinya melalui Cortana di lock screen.

Itulah cara mematikan Cortana di lock screen. Mematikan Cortana yang cerdas di lock screen mungkin akan sedikit menenangkan sobat, meski sobat dapat membatasi apa yang dapat disampaikan oleh Cortana di lock screen.

0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming