Kenapa Ada yang Percaya Flat Earth? + Bonus - FINAL PART

kenapa flat earth, alasan percaya flat earth, bukti bumi datar

CRONOSAL - Inilah bagian terakhir dari rangkaian bantahan Flat Earth. Saya sengaja untuk tidak mengupas argumen pada episode bonus karena saya yakin pembaca disini sudah tahu persis bagaimana BossDarling "menyampaikan" informasi. Kalian punya kapasitas untuk membantahnya sendiri asal punya kemauan untuk mencari di sumber-sumber kredibel.

Berdasarkan pengumuman dari si empunya video Flat Earth 101, ia akan merilis episode 11 yang merupakan seri terakhir. Tapi entah kenapa saya tidak tertarik untuk menunggu dan kemudian menulis bantahannya. Saya rasa menunggu video BossDarling bukanlah kegiatan yang produktif.

Pepatah pernah berkata "menunggu adalah aktivitas yang tidak menyenangkan", maka dari itu saya putuskan ini sebagai bagian terakhir khususnya untuk bantahan Flat Earth.

Oke, to the point pada permasalahan yang ingin dibahas...

Kenapa ada banyak orang percaya Flat Earth?

Dari sudut pandang penganutnya sendiri, mereka menganggapnya Flat Earth sebagai kebenaran. NASA telah melakukan kebohongan besar tentang bentuk bumi. Semua pengajaran astronomi selama ini adalah propaganda.

Kira-kira seperti itu jawaban ketika kamu mencoba bertanya pada FE. Terlepas dari bukti bumi bulat bisa dieksplorasi sendiri, FE lebih gemar mengurung diri di kamar sambil mencari video di Youtube dengan kata kunci "bukti bumi bulat".

Selalu ada kubu biru dan kubu merah. Masing-masing kubu punya landasannya sendiri yang mereka yakini kuat. Namun untuk abad 21, kenapa masih ada yang meyakini kosmologi 2300 tahun lalu?

Kenapa ada yang percaya Flat Earth?


Saya punya beberapa jawaban untuk pertanyaan di atas. Semuanya merupakan hanya hasil pemikiran pribadi dimana masing-masing poinnya bersifat subjektif berdasarkan pengamatan saya terhadap orang-orang yang mengimani bumi datar.

Apa saja?


Karena banyak orang tidak mau cross check informasi


Inilah alasan yang paling pertama serta menjadi titik balik ketika seorang mulai memantapkan pikirannya untuk sebuah kosmologi yang baru dikenalinya. Misalnya ketika BossDarling memelintir kalimat Google dalam video eksplanasi tentang My Location, saya yakin tidak banyak dari kita yang mencoba memastikan video aslinya.

Kebanyakan langsung mengangguk setuju, mengiyakan cocoklogi dan mengesampingkan keabsahan informasi. Kejadian seperti ini bukan barang baru di Indonesia. Sudah sejak lama ranah internet kita diisi oleh berita hoax, misinformasi, atau pelintiran dengan maksud tertentu.

Coba gabung ke grup-grup semacam Indonesian Hoaxes Community atau Sekoci. Perhatikan setiap posting disana, berita-berita palsu bermunculan dan para member mencoba menelaah informasi tersebut demi memastikan kebenarannya. Informasi palsu yang disebarkan Flat Earth 101 sebenarnya bukan barang baru. Penyebar hoax di internet amatlah banyak sehingga mau tidak mau harus kita sendiri yang patut memfilternya.


Kurang berpikir kritis


Atau dengan kata lain mudah didoktrin. Setidaknya dengan berpikir kritis, kita tidak akan menelan mentah-mentah argumen Flat Earth. Ya, kebanyakan orang hampir tidak pernah mempertanyakan apa yang diterima indera pendengaran.

"ketinggian kubah adalah 5000 km, kenapa bom HANE sudah meledak di ketinggian 400 km?"

Itu hanya salah satu pertanyaan kritis. Jika diamati, kosmologi Flat Earth memberikan ruang untuk banyak sekali pertanyaan. Sayangnya kebanyakan dari kita tidak sempat untuk memikirkan pertanyaan ini. Kebanyakan lebih suka menonton video terbarunya dibanding mempertanyakan argumennya yang kontradiktif.


Terlalu paranoid, tak peduli dengan rasionalitas


Salah satu argumen gila Flat Earth "semua program luar angkasa adalah bohong". Tak sekedar menganggapnya bohong, kemudian orang-orang yang terlibat di dalamnya juga bohong. Profesor fisika yang meneliti terkait astronomi juga bohong. Semua insinyur roket bohong, astronot bohong, NASA bohong, LAPAN bohong, BMKG bohong...

Pilot yang melakukan penerbangan melewati Antartika bohong...
Peneliti yang menyaksikan matahari 24 jam di Antartika bohong...
Astrofotografer yang memotret ISS dari bumi bohong...
Foto bumi dari satelit bohong...
Para pembuat satelit bohong...
Saintis astronomi bohong...
Newton bohong...
Galileo bohong...
Tapi BossDarling 100 persen benar!

Beberapa bidang pekerjaan terutama yang punya pengaruh terhadap informasi bentuk bumi rawan difitnah bohong oleh Flat Earth.

Saya tak tahu siapa saja para FE dan seberapa tinggi ilmunya tentang sains sampai bisa mencap ratusan ribu profesor, saintis, dan pembuat satelit yang telah mengabdi selama bertahun-tahun sebagai pembohong. Pola pikir semacam itu justru jauh dari rasional, lebih cocok disebut paranoid. Dan menjadi paranoid bukan hal yang bisa dibanggakan.


Berhasil dibohongi oleh konspirator


Contoh untuk kasus BossDarling, berapa banyak kebohongan yang kalian temukan? Dua, tiga, lima, delapan, sepuluh? Simpan jawabannya sebab bukan identitas kuantitas yang ingin saya bahas. BossDarling hanyalah satu dari banyaknya konspirator yang doyan membohongi audiens.

Berbohong? Iya berbohong. Saya tidak asal-asalan saat menulis ini, terlalu banyak bukti untuk pantas menyebut mereka sebagai pembohong.

Scene dari Flat Earth 101 episode 1
Aslinya seperti ini (sumber)

Itu cuma salah satu dari sekian banyak. Konspirator Flat Earth pandai "mengolah" sebuah foto atau video untuk suatu tujuan. Kemudian mereka menyalahkan pihak lain (biasanya NASA). Padahal mereka sendiri pelakunya.

Parahnya lagi, mereka mengklaim dirinya benar sementara terus berorasi bahwa NASA berbohong. Saya sudah berkali-kali melihat kasus serupa. Mereka yang percaya bumi datar awalnya sedikit, namun berkat beberapa konspirator yang jago Photoshop, makin bertambah banyaklah penganut Flat Earth.


Mereka yang percaya FE memang awam di bidang ini


Pernah dengar ada astronom yang percaya bumi datar? Atau seorang geolog yang membantah adanya gravitasi? Atau mungkin seorang astrofotografer mengatakan bintang menempel di kubah bumi? Saya bahkan tidak pernah mendengar ada saintis yang percaya bumi datar.

Kenapa mereka tidak percaya bumi datar? Bukan karena mereka berbohong, tapi karena melalui pengamatan dan ilmu yang mereka miliki, mereka menyimpulkan dengan pasti bumi berbentuk bola. Para pengagum Flat Earth yang saya jumpai semuanya memang orang-orang yang awam di dunia astronomi. Pengetahuannya jauh dari kata cukup untuk mengerti mekanisme kerja alam semesta.

Menjadi awam tidak salah, namun fatal apabila sudah menjadi Personal Incredulity yakni kesalahan ketika gagal memahami sesuatu konsep sehingga langsung menganggapnya tidak masuk akal. Gangguan psikologis ini kerap terjadi dalam teori Evolusi dan Big Bang. Dalam banyak kasus, FE dengan Personal Incredulity biasanya akan anti sains.

Sikap anti sains terlalu mengerikan bagi kemajuan ilmu pengetahuan suatu bangsa. Kamu bisa membaca tulisan ini sekarang berkat kemajuan sains. Saya harap pola pikir ini tidak hinggap pada orang-orang Indonesia. Negara kita ilmu pengetahuannya tidak semaju negara lain, kalau tak bisa membuatnya lebih baik jangan membuatnya semakin parah dengan pemahaman FE.


Bumi terlihat datar, maka pasti datar


Apa eksperimen yang paling sering dilakukan para FE? Betul! Datang ke pantai lalu memotret horizon bumi. Seperti itulah pengamatan paling murah dan mudah yang bisa dilakukan. Disamping itu kadang ketika menumpang pesawat, mereka sering memperhatikan horizon untuk memastikan bahwa klaim FE memang benar.

Ya, soal masalah ini sudah terlalu sering dibahas dan jawaban ilmiahnya sudah ada. Tapi FE bersikeras dengan argumennya yang didasarkan pada eksperimen. Melakukan pengamatan memang baik, tapi harus dibarengi dengan dasar yang jelas, bukan self claim.


Manusia terlalu kecil untuk merasakan lengkungan bumi melalui indera. Lengkungan bumi dari ketinggian sudut pandang manusia hanya ada nol koma sekian persen dimana hal itu mustahil untuk dilihat.

Yang paling meresahkan, eksperimen para Flat Earther tidak memperhitungkan aspek-aspek seperti geoid dan refraksi. Contoh eksperimen laser yang sering dijagokan FE ternyata tidak didasari dengan data saintifik. Di forum ini kesalahan dalam percobaan lengkungan bumi oleh FE dibahas tuntas hingga ke akar-akarnya, tentu oleh orang-orang yang berkompeten dalam sains.

Nah, kalau kata pepatah "think first before you draw a clonclusion". Kata-kata ini tepat sekali untuk menggambarkan FE dalam eksperimen yang sering mereka lakukan.


Dipropagandakan sebagai kebenaran


Wake up! Reveal the truth! Itulah slogan yang sering saya jumpai dalam video-video Flat Earth. Saat mengikuti ujian di sekolah, terjadilah aksi contek-menyontek. Kamu bertanya pada Rudi, dia menjawab A. Merasa kurang yakin, kamu bertanya pada Dika, dia menjawab B sambil disambung kalimat "saya yakin jawabannya benar". So, mana yang kamu percayai, jawaban Rudi atau Dika?

Secara naluri, kita akan mengikuti jawaban Dika. Kenapa? Karena Dika mengklaim benar terlepas kita sendiri tidak tahu mana jawaban yang benar. Nah, mekanisme seperti ini terjadi pada Flat Earth. Setiap videonya selalu diselingi kalimat seru yang mengklaim mereka benar.


Agama bilang bumi ini datar


Di negara overdosis agama seperti Indonesia, apapun yang dibungkus atas nama agama pasti akan laku keras. Disamping fanatisme tinggi penganutnya, jumlah mereka juga besar. Namun kuantitas tidak berbanding lurus dengan kualitas. Sejauh pengamatan saya, sering ditemukan FE yang rangkap jabatan sebagai ulama "dadakan".

Ini yang konyol. Ketika pemuka agama harus belajar bertahun-tahun agar punya kapasitas untuk menafsirkan suatu ayat, Flat Earth cukup nonton Youtube lalu berteriak penuh keyakinan "bumi pasti datar".

Tapi, wait... kenapa dalam Flat Earth hanya menonjolkan agama Islam dan Kristen? Entah kenapa kedua FE dari latar belakang kepercayaan ini begitu "arogan" mengotot bentuk bumi harus sesuai dengan tafsir agama mereka.

Bagaimana dengan kosmologi bumi versi Hindu, Buddha, Konghucu, dan ribuan agama lainnya di dunia? Mengapa kita mengabaikan kosmologi dimana bumi berbentuk kotak? Atau bumi yang ditopang penyu? Bagaimana dengan versi yang mengatakan ada ular raksasa yang melingkari bumi kita? Lalu bangsa Babilonia Kuno bilang ada 7 lapis dunia kan?


Karl Marx pernah mengatakan "agama adalah candu". Saya 90% setuju dengan kutipan tersebut. Bukan berarti saya anti agama, tapi fanatisme buta menyebabkan hilangnya nalar dan logika. Mereka terlalu jauh memikirkan utopia sementara melupakan realitas yang ada.

Si jenius Einstein pernah mengutip "Tuhan tidak bermain dadu" kalimat itu dimaksudkan segala sesuatunya tentang alam semesta tidak terjadi begitu saja dalam kejadian acak. Namun ada entitas yang telah menyiapkan ini semua dengan sangat sempurna.

***

Siapa BossDarling?


BossDarling hanyalah satu dari banyaknya agen disinformasi yang sukses menjaring pengikut sekte bumi datar. Tanpa latar belakang yang jelas dengan entengnya memandang semua lembaga antariksa penipu, ilmuwan penipu, sains salah, dan menuduh mereka menjauhkan manusia dari agama.

Satu poin penting dalam videonya di episode 10, ia berusaha untuk menjadi anonim dengan alasan tidak ingin cari sensasi supaya terkenal. But, dalam beberapa scene seringkali muncul tulisan "presented/created by BossDarling".

Kata kuncinya ada dalam identitas samar bernama BossDarling. Beberapa waktu lalu nama ini sempat ditemukan di Facebook dengan akun bernama Luli BossDarling. Setelah ditelusuri, maka dapat dipastikan inilah wajah sosok dibalik Flat Earth 101:



Terus kalau ada foto wajahnya, mau diapain? Ya terserah, mungkin kalian tertarik untuk memajangnya di ruang tamu atau dimuseumkan sebagai salah satu tokoh paling cetar membahana.

Saat ini akun Facebooknya sudah menghilang, foto profil channel Youtube miliknya juga diganti. Sepertinya dia sadar identitasnya sudah diketahui publik. Meskipun sudah dihapus, tetap saja fotonya sudah tersebar luas di forum diskusi FE/GE. So, you're not anonymous anymore BossDarling :p


BONUS: FE Funny Compilation

Sebenarnya post ini saya rencanakan cuma mentok sampai pembongkaran identitas BossDarling, tapi saya pikir saya punya "sesuatu" yang terlalu menarik untuk disimpan sendiri.

Yep, inilah beberapa komentar "cerdas" dari anak didik BossDarling :3

Cara menanggapi argumen orang lain



Cara menanggapi orang yang pernah melihat ISS dari bumi



Jangan sekolah karena sekolah mengajarkan kesesatan



Akibat kebanyakan nonton Flat Earth 101



Penjelasan logis FE soal matahari yang terlihat tenggelam



Ingat loh, Sun Outage disebabkan stasiun penerima yang sejajar dengan matahari :v



Akibat guru digaji rendah



Satu almamater menundukan kepala...



Oke, sebentar biarkan saya berpikir...



Sampai saat ini belum jelas nasib "masa depannya"



#AsahGolok



Penjelasan meteor dari sudut pandang FE



Tolong ajarkan dia thermodinamika



Fakta baru, panel surya adalah sayap!!



Menurut FE, kecepatan satelit NASA 600.000 km per detik!



We need the truth! We reveal the truth! Oops, we claimed the truth :v



Akibat terlalu cepat menyimpulkan



Bumi bulat = auto iblis



NASA lagi, padahal NASA ga ikut-ikutan di proyek ini :3



Bagaimana cara FE menjelaskan fenomena Sun Outage?



Nentuin arah kiblat itu pake hati



Kubah selestial punya fungsi ganda sebagai pengurung kuntilanak dan tuyul



You know this...



Salah satu profesor FE menjawab fenomena Midnight Sun



Saya udah jawab tapi masih belum ditransfer :(



Terus ngapain Tuhan ngasih otak?



Bumi bulat = dukung Ahok



Tapi kan logonya mirip-mirip gitu, lumayan buat jadi bahan promosi :3



Luar biasa! Temuan FE yang tidak diketahui ilmuwan dunia!



Tidak pernah terbukti they said




Andai saja dia mau buka buku ensiklopedia yang membahas tentang gravitasi



Tuh, dengerin! Disuruh pake otak!



Ternyata suhu Antartika mencapai -900 derajat celcius!!



Wah Panadol bakal laris manis



Kan udah ada sepeda, ngapain bikin pesawat?



Temukan 5 kesalahan dalam komentar ini!



Hancur sudah mimpimu mas



Bumi bulat = auto tafir



But, why...?



Solusi perekonomian dari ahli FE



Akibat kurang fokus saat berdebat



Oh udah berubah ya?



Kalau sakit jangan ke dokter ya



Saya bangga saya gak paham astronomi #facepalm



Akhirnya kita punya perancang satelit hemat biaya



Cerdas!!



Terus yang kerja di LAPAN dianggap nganggur?



Jangan percaya ilmuwan! Payah kalian ini!



Diketawain fotografer loh mas



Flat Earth itu hanya untuk kalangan intelektual, contohnya ini



Pasti ada kejanggalan! Pasti!



Imajinasi tanpa batas...



P E T A S A N  N A S A



Mau lihat komentar atau posting lucu lainnya? Silahkan bergabung di forum atau grup Flat Earth :v
Bersenang-senanglah disana, mereka sering memberi hiburan berkualitas.

***

Yap, itulah sedikit hiburan yang bisa saya berikan. Seperti yang sudah saya katakan, ini seri terakhir dari bantahan Flat Earth. Jika kamu sudah membaca rangkaian seri ini dari awal sampai selesai, saya rasa akan paham tentang cara FE memelintir informasi dan menjadikannya landasan argumen mereka. Maka dari itu setidaknya kamu punya bekal ketika berhadapan dengan klaim FE lainnya.

Well, that's all.

Semoga kehidupan bangsa ini semakin cerdas :)

Penulis: Christian Dwi Wijaya (antek-antek NASA)

Update 27 Juni 2017
Saya menerima beberapa pesan dari para pembaca, sebagian berterimakasih atas tulisan ini. Tak jarang mereka meminta saya untuk membuat lanjutan tulisan untuk membantah/menyanggah video Flat Earth 101. Well, saya rasa saya akan membuat kelanjutannya, namun saya tidak menjamin akan dipublikasikan dalam waktu dekat ini. Jika artikel sudah siap, saya akan merilisnya di blog ini.

INDEKS

70 komentar

  1. Akhirnya bang CDW akan kembali ke model artikel sebelumnya

    ReplyDelete
  2. Mas, bagaimana bantahan video flat earth yang tentang kubah selatan adalah anti crepuscular dari kubah utara? Saya masih bingung soalnya saya cek bintang selatan itu memang tidak ada. Berarti kalau begitu artinya FE berhasil menjelaskan kalau kubahnya hanya satu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba masuk ke grup astronomi lalu minta penjelasan dari mereka yang sudah ahli di bidang ini serta telah melakukan pengamatan disertai dasar ilmiah. Jangan berkiblat pada seorang yang sudah terkenal akan sifat pembohong dan pemutarbalikan fakta seperti BossDarling.

      Video Flat Earth 101 eps bonus sama sekali tidak bisa membantah bintang selatan. Yang ada cuma usaha cocoklogi menyamakan fenomena Crespular Rays dan Anti-crespular rays dengan kubah bumi. So far itu ga ada hubungannya. Bintang utara dan selatan sudah jelas berbeda, memangnya pernah dengar orang di belahan bumi selatan bisa lihat Polaris? Faktanya itu mustahil dilakukan.

      Sarjana Youtube tidak lebih baik dari seorang ilmuwan yang mengabdi selama bertahun-tahun

      http://debunkingflatearth.blogspot.co.id/2016/02/debunking-flat-earth-how-polaris-proves.html

      Delete
  3. Haha 😂😂
    Paling lucu yg -900° itu..
    Ya rabb itu data darimana coba 😂
    Kalau mau tambahan ane banyak nih SS'an gitu 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya tambahin aja

      Di grup FE banyak yang model begitu, and that's so funny :3

      Delete
    2. Wkwkw.. -900 C itu berapa Kelvin yah?? Kok bisa ada benda suhunya di bawah nol mutlak. Ngakak

      Delete
  4. ada kalimat syahadat yg ditambahin
    ya ampu...semoga tuhan mengampunimu

    ReplyDelete
  5. Duh, kok bawa-bawa agama. Padahal ulama Islam di seluruh dunia membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menafsirkan ayat Alquran secara benar. Dan ini sudah menjadi ijma (kesepakatan) para ulama bahwa bumi adalah bulat, namun tidak sepenuhnya bulat (oval) sebagaimana yang disampaikan An-Naziat: 79. Sampai detik ini, saya belum melihat ulama yang menyatakan bumi adalah datar, kecuali sedikit sekali.

    Menafsirkan ayat Alquran tidak bisa hanya sekilas pandang karena Alquran bukanlah kitab sains. Sampai-sampai ada istilah tadabur yang berasal dari dubur, artinya belakang. Maksudnya, membaca Alquran jangan hanya dari "depan" saja, melainkan telaah juga "belakang"-nya agar dapat memahami kandungan yang dimaksud.

    Mas Christian, terima kasih banyak atas penjelasannya. Saya khawatir karena ada sejumlah kerabat saya yang tersandung ke informasi yang salah. Dengan artikel-artikel yang diterbitkan blog ini, saya optimistis dapat mereformasi kembali pikiran mereka.

    ReplyDelete
  6. kalau begitu coba anda melakukan perhitungan gerhana selain memakai siklus saros...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satunya dengan Basselian Elements (http://astronomy.stackexchange.com/questions/231/what-is-the-formula-to-predict-lunar-and-solar-eclipses-accurately)

      Lantas seperti apa perhitungan gerhana versi FE?

      Delete
    2. Sikus saros diciptakan oleh bangsa Babilonia Kuno yg percaya bumi itu datar, sedangkan NASA (Elite Global) mengeluarkan teori bumi bulat, pantas saja salah matematika gerhananya.
      "Salam People Power"

      Delete
  7. Saya bukan pembela FE .. tapi kalo melihat begitu seringnya barat khususnya amerika berbohong pada dunia tentang apa saja..South pole,Darwinisme, Peristiwa 11/9, Invasi Irak, Invasi Libya dst..ada indikasi masalah astronomi bisa banyak bohongnya... sekarang jadi asyik sejak komunitas FE muncul.. kepercayaan saya tentang solar system tinggal 50% :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat anda sudah terjebak dalam cocoklogi :)

      Saya dukung 100% jadi FE karena internet butuh banyak pelawak :D

      Delete
  8. crisstian.....ada FB atau WA? saya tertarik bgt...
    kalau ada waktu bolehkan diskusi,,,sy perlu belajar bnyk ke anda...

    ReplyDelete
  9. hahaha , flat earth = flat brain

    ReplyDelete
  10. Tidaj ada yang melarang kalian menaruh. Yang mana yang menurut kalian ada yg salah ya cosscheck. Jangan taqlid buta

    ReplyDelete
  11. gan minta link group FE dong wkwk, mau liat make mata kepala sendiri XD

    ReplyDelete
  12. Teorinya sangat meyakinkan soal FE, Baiklah saya mengesampingkan seluruh masalah satelit, gerhana dan jarak Bumi, Bulan dan Matahari.

    Dari pada sulit bayanginnya, Saya fokus pada kutub utara dan seletan saja. Penganut FE meyakini bumi datar dan berbentuk piringan dengan kutub utara sebagai pusat bumi dan kutub selatan sebagai sisi terluar bumi, sekarang kita bandingkan dengan teori mereka
    1. Matahari tidak sebesar claim saat ini dan cahaya matahari ibarat spotlight yang memiliki pancaran TERBATAS
    2. Matahari punya tiga jalur edar, yaitu katulistiwa, dekat ke kutub utara dan dekat ke kutub selatan.

    dari 2 kondisi itu saja bisa kita bandingkan dengan kenyataan
    1. Saat Matahari ada di jalur edar dekat kutub utara, maka ada 1 hari atau beberapa hari, minggu bahkan bulan dimana matahari bersinar selama 24 jam. secara nyata ini terjadi di kutub utara namun

    2. Saat Matahari berada di jalur edar kutub selatan, maka TIDAK AKAN TERJADI meskipun hanya 1 hari di Kutub Selatan dimana matahari bersinar sepanjang hari (24 jam), karena apa?
    a.Kutub selatan ada diarea terluar bumi dan terjauh dari pusat lingkaran
    b.Sifat cahaya matahari yang diyakini seperti spotlight justru memperkuat bahwa sedekat apapun matahari kekutub selatan dan secepat apapun matahari bergerak maka akan ada sisi lain dari kutub selatan yang gelap.
    c. Ok katakanlah penganut FE menolak keberadaan kutub selatan dan menganggap semua kegiatan di kutub selatan itu benar2 kebohongan, sekarang coba buka peta bumi datar yang diyakini lalu lihat dimana posisi Indonesia dan dimana Posisi New Zeland?
    d. Bagaimana New Zeland yang berada diposisi lebih jauh dengan kutub utara dibanding dengan Indonesia yang lebih dekat ke kutub utara namun di Musim Panas new Zeland mengalami Siang hari lebih panjang dari malam hari? Apakah itu juga bohong?

    3.Jika Penganut FE Mengambil ayat Al Quran tentang Bumi yang dihamparkan dan diterjemahkan secara literal saja padahal ada beberapa ayat yang jika disajikan secara sinergi justru akan tampak lebih kuat kepada teori bumi bulat seperti

    “Allah-lah yang meninggikan langit tanpa tiang (sebagaimana) yang kamu lihat”. (Q.S. al-Ra’d [13]: 2)

    jelas bukan "langit tinggi tanpa tiang" secara harfiah sederhana saja bisa kita maknai
    bahwa langit (atomosfer) itu tidak tersangga dan tidak bersentuhan dengan bumi ini justru bertentangan
    dengan teori bentuk langit seperti kubah

    i.kalau bentuknya kubah, berarti ada langit yang pendek karena bersentuhan dengan permukaan bumi.
    ii.jika langit bersentuhan dengan permukaan bumi artinya justru langit tinggi dengan tiang
    karena ada bagian langit yang bersandar/bertumpu pada suatu zat/benda di bumi ini.

    ReplyDelete
  13. Agan luar biasa membuat artikel ini.. Saya selalu ikuti dari awal.. Tamatan Sma tau sejauh ini? Tidak heran buat saya.. Itu lah hebatnya kemauan dan niat mencari informasi.. Tapi sayang banget gan.. Saya ud liat tentang flat earth juga.. Mana yg benar? Datar atau bulat? Bulat, selamat anda lulus pelajaran sekolah.. Datar, selamat anda bodoh.. Begitukah? Ada yg aneh loh sobat :D para FE selalu di hina, ejek, di rendahkan. Karna apa? MENUDUH NASA BERBOHONG!!!! pertanyaannya adalah........ Yg di tuduh NASA kok kalian yg marah????? Tonton dlu flat earth.. Ga perlu bilang percaya atau tidak.. Dikatakan bahwa tidak perlu debat antar kaum awam.. Anda tidak percaya FE???? Ya sudah tidak masalah.. Tujuannya juga bukan mencari pengikut.. FE muncul krna merasa ad KEBOHONGAN DAN KEJANGGALAN tidak pernah memaksa untuk ikut dan percaya.. Tapi kalau artikel ini sepertinya terlalu menjatuhkan.. Seolah" hidup kalian terancam dan penganut FE harus berhenti.. Mengatakan FE sok pintar dan sok tau segalanya padahal artikel ini mengatakan kalau aganlah yg tau segala.. Dengan cara menekan para FE.. Mereka percaya FE ya biarlah.. Kalian percaya NASA ya sudah gpp.. Ga ad masalah kan.. Satu bangsa kok saling menekan.. Jgn mau terpecah belah.. Kita tidak tau apa maksud dari semua isu ini.. Yg percaya FE ya ud itu hak mereka.. Yang percaya NASA ya ud itu juga hak kalian.. Sama halnya dgn agama.. Biarpun beda kepercayaan tapi apa salah hidup berdampingan.. Ini juga merupakan ilmu pengetahuan.. Berhenti menjatuhkan org dgn kata" yg mengejek..klo mau buat artikel bantahan cukup gunakan kata "berbeda dengan" karna artikel ini bersifat perbandingan.. Mhon di respon................

    ReplyDelete
    Replies
    1. Percaya NASA?
      Halo, bumi bulat tak ada hubungannya dengan NASA. NASA cuma salah satu badan antariksa nasional milik AS. NASA hanya meneliti fakta yang sudah ada, bumi berbentuk bola.

      Hati-hati, lihat sendiri bagaimana FE bersikap sangat anti-sains. Jangan berpikir "oh cuma anti-sains" tapi coba lihat seberapa dalam kemunduran yang terjadi akibat persepsi seperti itu.

      Delete
    2. wow luar biasa FE dibialang anti-sains, baca lagi deh tentang kita (FE)
      salam People Power

      Delete
  14. Luar biasa gan.. Tamatan Sma bisa buat artikel detail seperti ini.. Tapi ya knapa tidak.. Di mana ada kemauan d situ ada jalan.. Mantap gan.. Saya ikuti terus artikel ini dari awal tanpa berkomentar.. Sekarang waktunya saya sedikit bersuara.. Dari awal saya perhatikan artikel ini luar biasa.. Namun sangat d sayangkan gan.. Agan membuat artikel ini justru mencela dan mengejek org" yg mempercayai teori FE.. Permasalahan saya dari awal hanya bingung gan.. Mereka berargumen adanya kebanggaan oleh NASA.. Yg mereka curigai itulah NASA.. Kok kalian yg ga suka sampai mengatai mereka bodo dll.. Mereka percaya FE ya sudah biarkan saja.. Kalian percaya NASA ya ud ga masalah juga.. Kita satu bangsa.. Perbedaan pendapat hal biasa.. Saya sudah tonton juga video FE dan yg membuat juga berkata tidak perlu berdebat kusir.. Klo memang kalian tidak percaya ya sudah.. Itu hak kalian.. Lakukan saja riset sendiri dan buktikan sendiri kemudian tentukan sendiri mana yg kalian percaya.. Video itu juga bukan untuk mencari org atau pasukan.. Tetapi memberi pemahaman dan wawasan agar kita yg melihat tertarik untuk melakukan riset sendiri agar kita tau mana yg benar.. Agan sudah melakukan riset? Apa hasilnya? Percaya NASA? Apa pun jawabannya ya ga masalah.. Si pembuat video juga sama hasil yg ia dapat kan itu la yg ia kemukakan.. Suku ras agama dan pendapat tentu memiliki perbedaan.. Dan kita harusnya hidup berdampingan.. Tanpa mencela satu sama lain.. Teman saya percaya NASA dan teman yg satu lagi percaya FE.. Tapi kami tidak mempermasalahkannya.. Jika ada fakta baru cukup d bahas sebentar dan hargai pendapat masing".. Jadi???? Haruskah saling menjatuhkan???????????????????

    ReplyDelete
  15. Bukan masalah percaya atau ngga, ini jelas-jelas bukti bumi berbentuk bola itu udah ada, masih aja pake teori zaman jahiliyah. -_____-

    Kalo memang bumi datar, harusnya ga ada fenomena gerhana matahari atau gerhana bulan, kenapa? menurut teori FE matahari dan bulan kan bergerak dalam 1 orbit lingakaran yang sama-sama mengelilingi bumi berlawanan arah jarum jam dengan jarak antara matahari dan bulan yang sama, tidak saling mendahului/salah satu lebih cepat, posisinya pun sama-sama di atas bumi yang datar, mana mungkin bisa saling numpuk dalam 1 garis membentuk gerhana bulan/matahari?

    Sedangkan tanggal 9 Maret 2016 kemarin seluruh dunia mengetahui adanya gerhana matahari dan menyaksikan semua (termasuk gw yang melihat gerhana matahari itu walaupun di jakarta cuma sebagian). Faktanya Bumi mengelilingi matahari (revolusi), bulan mengelilingi bumi, dan bumi berputar pada porosnya (rotasi). Ini yang memungkinkan terjadinya gerhana matahari/bulan.

    Dan bagi yang percaya bulan itu cuma CGI, gimana caranya orang zaman pra-sejarah memproyeksikan CGI segitu canggihnya ke langit? sementara teknologinya masih belum berkembang sejauh itu. Bulan aja udah ada dari zaman bumi baru kebentuk.

    Teori bumi datar itu bukan fakta/konspirasi, tapi pembodohan global.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana perhitungan gerhana menurut NASA sesuai perhitungan matematis, dari kecepatan orbit bulan dan bumi dalam setahun..Juga jarak keduanya mengelilingi matahari,
      Bila sukses ketemu sesuai dg waktunya 18th, baru Q percaya bumi itu bulat

      Delete
  16. Entah anda mau menampilkan coment saya atau tidak itu tak masalah, yg penting anda mengetahui coment saya.
    Kenapa Ada yang percaya Flat Earth? (judulnya). anda mengerti (tau) atau tidak itu gak masalah....saya akan menjawabnya?

    Saya percaya pada FLAT EARTH Karna saya beragama Islam dan Al-Qur'an sebagai pedoman hidup. di dlm Al-Qur'an sudah dijelaskan Alam semesta beserta isinya, ada 2 kata yg sangat spesifik yaitu langit dan bumi (tdk ada planet², tdk ada galaxi, tdk ada bumi itu spt bola, tdk ada bumi itu berputar, dan masih banyak lagi). Perlu diingat bahwa Teori Globe Earth sangat bertolak belakang dengan Al-Qur'an. sebenarnya masih banyak lagi yg mau saya sampaikan...

    ReplyDelete
  17. Kasian orang2 yg membenarkan sains di atas alquran.. semoga allah memberikan hidayah kepada kalian..

    ReplyDelete
  18. Siapa tau aja nih admin unggah screenshot chat editan dia sendiri. Atau bikin obrolan sendiri sama temannya, trus di screenshot xD buat fitnah para FE.

    Admin tetep aja ngga akan pernah bisa meruntuhkan/membiaskan kebenaran bahwa bumi adalah DATAR

    ReplyDelete
  19. Salam,
    Siapa tau aja nih admin unggah screenshot chat editan dia sendiri. Atau bikin obrolan sendiri sama temannya, trus di screenshot xD buat fitnah para FE.

    Admin tetep aja ngga akan pernah bisa meruntuhkan/membiaskan kebenaran bahwa bumi adalah DATAR

    ReplyDelete
  20. Salam,
    Siapa tau aja nih admin unggah screenshot chat editan dia sendiri. Atau bikin obrolan sendiri sama temannya, trus di screenshot xD buat fitnah para FE.

    Admin tetep aja ngga akan pernah bisa meruntuhkan/membiaskan kebenaran bahwa bumi adalah DATAR

    ReplyDelete
  21. Mau nanya,
    Siapa tau aja nih admin unggah screenshot chat editan dia sendiri. Atau bikin obrolan sendiri sama temannya, trus di screenshot xD buat fitnah para FE.

    Admin tetep aja ngga akan pernah bisa meruntuhkan/membiaskan kebenaran bahwa bumi adalah DATAR

    ReplyDelete
  22. jadi ilmuan sekolah tinggi-tinggi ngehabisin uang banyak lalu percaya flat earth bisa dipecat dia atau mungkin dibunuh..saya rasa TS nya gak tau keberadaan illuminati,freemason dan para elite global.. atau mungkin tau tp tidak tau misi mereka.. atau mungkin TS lah salah satu dari kelompok yg saya sebut tadi..

    ReplyDelete
  23. Min, saya miris min, liat orang2 Indonesia yang otaknya masih rata.
    1. yang tafsir Al-Qur'an seenak jidat. (ini paling miris, soalnya orang2 kafir di luar sana pasti lagi hina2 orng islam, hahahaha orng islam ternyata tak begitu mengerti isi kitab sucinya sendiri)
    2. yang meminta perhitungan gerhana bulan/matahari dipublikasikan, seolah-olah perhitungannya semudah menghitung panjang sisi segitiga dengan rumus phytagoras.
    3. yang menCOCOK-COCOKKAN bumi bulat dengan konspirasi elite global. udah SANGAT JELAS KALO ITU GA NYAMBUNG. ini kan berarti udah ga ketulungan bodohnya.
    (ini bukan karena menghina... tapi memang benar.. kalau kalian para penganut FE itu memang benar2 sedang dibodohi)
    4. sebenarnya mereka itu percaya bumi datar (yang katanya itu bisa diterima logika) karena logika mereka emang GA NYAMPE alias GA CUKUP untuk memahami fisika matematika dan astronomi. makanya daripada disebut bodoh sains mereka lebih baik percaya firman ngawur bumi datar.

    Jepang, Cina, Rusia, Korea, Malaysia... otaknya udah mikir... gimana caranya pergi ke luar angkasa sana.
    Indonesia ?????? masih mikir gimana bentuk bumi sebenarnya .
    What this ironi ??

    ReplyDelete
  24. Ahreum-ahreum.. Sotoy banget lu.. Cara nafsirin alquran aja kagak tau, masih berani mencela.. Orang yg begini nih yg kagak ketulungan.. Udah salah ngotot, nyela lagi.. Buruk sekali.. Coba buktikan DENGAN ILMIAH diameter bumi dengan kelengkungan bumi! Kagak usah pake doktrin, lu itung sendiri kalo lu orang yg pinter. Kalo lu cuma pake doktrin berarti lu pelajar abal2, ilmu lu kagak dipraktekkin.

    ReplyDelete
  25. Series bantahan terhadap video Flat Earth ini emang harus banyak disebarin. Yg percaya bumi datar biasanya yg emang gasuka pelajaran fisika. jadi dijelasin dgn gaya marketing (presentasi meyakinkan) langsung ngeiyain tanpa kroscek. padahal secara dasar2 ilmu ipa aja udah bisa dibantah sendiri.

    ReplyDelete
  26. Debat gk karuan.
    Mending buktiin dengan 1 cara.
    Lintasi tuh antartika.
    Jika bisa kembali lagi berarti bulat tuh bumi.
    Jika gk ada ujung nya/menghilang berarti ... patut di pertanya kn.

    Gpp lokika kita main. Asal tidak salah dari aturan

    ReplyDelete
  27. Lintasi Aja ANTARCTIKA. baru kebukti tuh bulat/datar.
    Ribet amat debat gk ada akhirnya

    ReplyDelete
  28. Saya percaya bumi datar .. tp sy jg percaya sains.. y sains yg logis.. sy percaya krn hal itu yg sy amati dan rasakan tiap hari.. sy percaya bukan untuk berdebat.. tp sy ingin ada sebuah kebenaran .. sy jg menghargai mereka yg sdh berjuang untuk meneliti.. tp tolong sains itu ditunjukan dg kebenaran .. jangan ada rekayasa ..

    ReplyDelete
  29. Mas CDW, tambah lagi dong bantahan fe101, udah keluar episode baru lagi tuh.

    ReplyDelete
  30. WKKWWK Gua ngakak kocak liat Orang bego FE pas Bagian coment yang Di Screenshot. Cocokloginya emang bikin ngakak dah ngeliatnya data darimana dari web yang belum pasti kebenarannya aja di percaya kwkwkwk. Untung gua ketemu ni web biar bisa kasi sedikit penjelasan ke Orang FE dan temen saya yang jika terpengaruh.Terima kasih banyak Admin informasinya.

    ReplyDelete
  31. KWKWKW Ngakak abis liat kaum FE Dapat data entah dari mana yang belum pasti. Informasi ini berguna untuk menceramah temen gua kalo terpengaruh sama teori FE yang entah dari mana.Terima kasih banyak Admin udah ngebahas informasi ini Semoga sukses Blognya

    ReplyDelete
  32. halo, ketika saya melihat semua komen anda dan membandingkan dengan data Flat earth dan data yang saya cari sendiri sebagai awam, sangat terlihat jelas bahwa andalah yang memakai pemikiran sendiri dan tanpa data,

    saya tahu bosdarling mungkin punya kesalahan, tapi ketika melihat cara kalian menyusun pemikiran kalian, saya melihat pencetus Flat Earth lebih transparan dan validasinyaa terpercaya.

    saya adalah orang awam yang mulai berpikir untuk memilih flat earth ketimbang globe earth, alasannya 1, karena banyak dari penganut Globe earth tidak memberikan data yang valid dan konkrit untuk membuktikan Flat earth salah, semuannya tak lebih dari persepsi dan opini mereka (Globe earth) aja. malahan sebaliknya Flat earth lebih peduli terhadap data dan eksperimen dalam pembukktiannya.

    maaf jika ada salah-salah kata. Scientist adalah manusia yang menemukan semua itu dengan penelitian dan observasi. Jika anda katakan orang awam tidak bisa melakukan penelitian dan orang awam cenderang salah ketimbang Scientist, anda salah besar.
    mohon untuk kasih data ke kami orang awam berdasarkan penelitian anda, tanpa melihat google atau other references yang bisa buktikan bumi bulat. jika ada saya pun tetap Globe earth, Thanks

    ReplyDelete
  33. Bro, gw seneng baca blognya, karena gw termasuk fanatik GE... wkwk.. btw gw saranin bikin sekalian videonya...

    ReplyDelete
  34. Bro, gw seneng baca blognya, karena gw termasuk fanatik GE... wkwk.. btw gw saranin bikin sekalian videonya...

    ReplyDelete
  35. Permisi agan-agan sekalian
    Gw gak perduli bumi bulat apa datar & gw gak bela komunitas FE atau GE
    Tapi yg gw percaya 100 % dari kecil sampe skrg gue di sekolahin dan di ajarin guru kalo bumi itu bulat , trus ni ye saran buat para penggiat bumi datar atau flat earth atau apalah itu
    Mending lo gk usah banyak ngebacot
    Kalo lu mau buktiin sendiri mendingan lo buat program luar angkasa sendiri trus lo terbang deh ke angkasa liat sendiri ama mata lo yg bulat itu gimana bentuk bumi sbnar nya
    Mungkin flat earth kurang dana kali ya buat ngebuktiin semua teori mereka trus buat program ruang angkasa sendiri
    Gw ada saran nih , buat aja penggalangan dana sejuta koin buat flat earth
    Dan udah banyak teman gw yg mulai kecuci otak nya sama flat earth dan ngeluarin statement kalo bumi itu datar , gw jadi benci liat nya , percuma dong di sekolahin
    Mendingan flat earth sekalian aja buat sekolahan sendiri untuk komunitas dan anak cucu dan keturunan nya

    Makasih

    ReplyDelete
  36. terhibur bnget gw liat BONUS: FE Funny Compilation hahahah

    ReplyDelete
  37. Gw yang baru 15 tahun aja langsung tau kalo flat earth itu ngada2. Dan gw miris ngeliat temen2 gw pada percaya FE dan setiap gw tanya pertanyaan yang mematikan FE seperti kenapa pesawat dari bali ke hawaii transit dulu di taiwan, mereka langsung jawab konspirasi elite global, dibohongin NASA. Gw pengen nunjukkin blog ini tapi untuk orang2 FE garis keras kayaknya gak mempan dah. Btw, makasih banyak bung christian buat tulisannya. Gara2 tulisan ini beberapa temen gw yang ragu bumi bulat jadi yakin lagi. Dan rata2 orang yang yakin bumi bulat itu ya orang2 pinter.

    ReplyDelete
  38. Hahahaha emang tolol ni FE
    Udah dijelasin dari partai 1 sampe 6 msh aja tolol
    Bawa2 Illuminting Wahyudi mamarika trd disebut elit goblok lagi
    Emang aslinya tolol sih jadi gampang dikibulin

    ReplyDelete
  39. Aku baca part 1-7 cuma buat menebak part bonus nya.. 'knapa ada yg percaya flat earth?' Dan terbukti tebakanku bener. Jawabannya adalah agama terutama ISLAM. Aku muslim dan InsyaALLAH selamanya muslim. Aku sudah cari informasi selama 1 tahun ga cuma belajar globe earth aku juga test flat earth. Dan memang kesimpulannya adalah 'flat earth society adalah buatan elite global itu sendiri'.

    Aku percaya globe earth tp juga percaya adanya kelompok yg ingin menjadikan tatanan dunia baru. Entah dengan nama atau sebutan apa mereka tapi yg jelas mereka ada.

    Singkatnya, mereka yg percaya FE adalah mereka yg terpedaya (elite global). Bayangkan kalau mereka yg percaya flat earth karna mereka percaya AL-QURAN, kemudian 1-5 tahun kedepan ketika kalangan FE semakin banyak ditunjukan bukti nyata bahwa yg benar adalah GE.. Bisa dibayangkan bagaimana dampaknya bagi orang2 tsb. Ternyata apa yg mereka percaya adalah salah dan naudzubillah kitab suci yg mereka jadikan alasan tanpa berpikir logika menjadi tameng kemalasan berpikir mereka gagal. Wallahualam.
    AL-QURAN sebagai pedoman hidup kita.. jangan ketika kita malas berpikir kemudian malas mencari tahu tentang kebenaran yg lebih dalam dari AL-QURAN. Aku yakin dan beriman AL-QURAN itu adalah mukjizat rasullah nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu aku percaya kebenarannya. Dan karena itu pula diperlukan akal dan pikiran yang sehat lagi tinggi untuk memahami mukjizat maha dahsyat yg lgsg diturunkan dari tuhan ALLAH SWT kepada ciptaanNya.

    Semoga saya dan kalian diberikan petunjuk dan hidayah dari ALLAH SWT. amin

    ReplyDelete
  40. saya IQ 140 keatas menurut tes2 di google playstore saya percaya bumi datar u saat ini dan tidak menutup kemungkinan juga salah kedua teori antara GE dan FE...

    ReplyDelete
  41. Lol, dh final :v, kira nmpe part 10

    ReplyDelete
  42. Masih menunggu part selanjutnya...

    ReplyDelete
  43. FE 101 LUAR BIASA. I LOVE YOU FE 101

    ReplyDelete
  44. Sedikit aja deh. Kenapa divideo fe 101 sering menyangkutkan ke agama islam? Ya memang kenyataanya islam memang agama yg paling sempurna & benar. Dialquran sudah dijelasin bhwa tuhan telah menciptakan langit bumi, bulan, dan matahari. Gaada di alquran yg jelasin tentang adanya planet2, galaxy, apalagi black hole! Kalo kamu minta fe 101 untuk buat penjelasan dengan menyangkutkan agama selain islam atau yg kamu sebutkan hindu, budha, konghucu dll, mendingan kamu bangun sekarang deh! Ini udah kesiangan. Waktunya berangkat sekolah

    ReplyDelete
  45. ok ka bagus bgt ttng bantahan flat earthnya, jujur aku dah liat semua eposid flatearthnya dan jujur aku sih gk crosscheck, cuma ngeliat dan langsung menelannya mentah2 dan mengira semuanya itu benar apa adanya, dan ketika aku liat ini posting awalnya sih gk mungkin bisa dibantah, karena infonya terlihat "Jelas", but ... , tapi ada satu yang nih ka yang aku mau tanyakan, itu soal gravitasi. katanya yang terjadinya pasang dan surut itukan karena gravitasi bulan yah kalo aku nontoh di video flatearth 101, dan knp dia cuma menarik air laut doang yah ? kenapa air di segelas atau dicangkir gk ditarik ?, mohon pencerahannya terima kasih :)

    ReplyDelete
  46. Bha
    Club FE memelintir informasi dan menolak kemajuan sains untuk pembenaran teori FE, Justru yang menjadi iluminati itu si club FE itu sendiri

    Sangat mengherankan bukan

    ReplyDelete
  47. satu yang disayangkan kalau tulisan ente mau membantah teori-teori milik orang laing,yang mana ente ngak ngebikin data yang saintifik berupa angka-angka yang akurat, katanya crosscheck videonya, yang ane kutip dari tulisan ini "kita terlalu kecil untuk merasakan kelengkungan bumi karena radiusnya hanya sekian persen" ,dan masih banyak lagi, kalau ente emang tonton video dari awal,ente cuman hanya membantah sesuai perkiraan lapangan dan asumsi-asumsi, tidak menguatkan sedikitpun....

    ReplyDelete
  48. WKWKWKWK.....Jamaah Darlingiah wal Botakkiyah

    ReplyDelete
  49. Maaf mas di islam gak bilang bumi datar. Juga bulan punya cahaya sendiri.

    ReplyDelete
  50. Fitnah kejam dari artikel ini
    Mengatakan foto drone google adalah editan,tuh dah dibalas di eps 11 lu tonton videonya sampe full

    Lebih lucunya di artikel ini dari part 1 sampai akhir ini g ada bantahan dan ga bisa ngitung soal MATEMATIKA yg dikemukakan video fe 101
    Wkwkwkw artikel ini membantah dgn opini aja g ada eksperimen atau hitungan MATEMATIKA

    ReplyDelete
  51. ane mau ngesampingkan kepercayaan FE atau GE ...tapi mau bahas geosentrik atau heliosentrik aja... maaf, TS sebelum nya udah pernah nonton film the principle gak? kesimpulan dari film tersebut ilmuan luar angkasa terkemuka saat ini cenderung percaya kepada geosentrisme...sedangkan yg saya tahu dari pelajaran sekolah yg di ajarkan ada lah heliosentrisme... mohon penjelasan nya...

    ReplyDelete
  52. Masih liat FE terbaru gk gan.? Kok gk diterusi Bantahannya.?

    ReplyDelete
  53. Gan kok gk diterusin bantahannya kan video FEnya masih lanjut sampe sekarang.?

    ReplyDelete
  54. Setau saya FE bukan anti sains deh. FE milah milih mana sains yg menurutnya benar dan salah. Trus adminnya sndiri kritik FE anti sains tp ini tulisan adminnya emg ngebuktiin sains dari segi apa?
    Contoh simpel deh, saya gak percaya teori darwin, apa saya anti sains?
    Saya percaya hal ghaib itu ada, apa saya anti sains?
    Saya percaya waktu itu berjalan linier yg ga sesuai dgn prkataan einstein apa saya anti sains?
    Sains itu ilmu pengetahuan hak utk tiap umat manusia, kalo ada yg ga yakin sama suatu teori itu normal2 aja, dan boleh diperdebatkan dimanapun kapanpun dengan argumen logika utk menelaah kebenaran (bkn pembenaran). Sains itu bukan keyakinan agama dmna tabu utk didebatin, gabakal ada penistaan sains kok.

    ReplyDelete
  55. Saya 100 persen akan mengatakan bumi itu bulat karena saya menggunakan akal logika saya.

    ReplyDelete

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming